SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI PENGUNJUNG BERDASARKAN KONSEP ESSENSIAL GEOGRAFI, SAPTA PESONA DAN SARANA PADA WISATA MAKAM BUNG KARNO DI KOTA BLITAR

soffatul faridah

Abstrak


ABSTRAK

 

Faridah, Soffatul. 2009. Persepsi Pengunjung berdasarkan Konsep Essensial Ge-grafi, Sapta Pesona, dan Sarana pada Objek Wisata Makam Bung Kar-no. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si., (II) Drs. Mustofa.

 

Kata Kunci : Persepsi, Pengunjung, Wisata

 

Sektor pariwisata menempati urutan keempat dalam meningkatkan PAD Kota Blitar setelah perdagangan/jasa, perhubungan/komunikasi, dan industri. Dalam rangka maningkatkan PAD Kota Blitar, dilakukan pembangunan pada Makam Bung Karno yang notabene sebagai ikon pariwisata di Kota Blitar. Pe-ngembangan yang telah dilaksanakan pada objek wisata Makam Bung Karno selama ini menunjukkan hasil yang tidak maksimal tentang pertumbuhan jumlah pengunjung. Dibuktikan dengan data jumlah pengunjung pada tahun 2001 ber-jumlah 408.833 jiwa dan tahun 2008 menjadi 447.067 jiwa. Pengembangan dae-rah tujuan wisata tidak hanya berorientasi pada fasilitas yang dapat ditawarkan, kemampuan yang dimiliki, tetapi juga respon dari pengunjung, karena pada dasarnya pengunjung sebagai unsur yang paling penting dalam usaha pariwisata.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi pengunjung berda-sarkan konsep essensial geografi pada objek wisata Makam Bung Karno; 2) Persepsi pengunjung berdasarkan Sapta Pesona pada objek wisata Makam Bung Karno; 3) Persepsi pengunjung berdasarkan sarana pada objek wisata Makam Bung Karno.

Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang ada di lokasi Makam Bung Karno pada saat pengam-bilan sampel. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan po-pulasi target 100 responden. Teknik pengambilan data menggunakan metode ob-servasi, dokumentasi dan kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis meng-gunakan teknik indek komposit skor.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persepsi pengunjung terhadap konsep essensial geografi cukup baik, (kesesuaian lokasi dipersepsikan jelek, sedangkan jarak, aglomerasi, keterjangkauan, interaksi, diferensiai area, nilai kegunaan dan keterkaitan ruang dipersepsi cukup baik); 2) Persepsi pengunjung terhadap sapta pesona cukup baik, (keamanan, keindahan, keramahan termasuk baik, ketertiban, kebersihan, dan kenangan termasuk cukup baik, kesejukan termasuk jelek); 3) Persepsi pengun-jung terhadap sarana baik (persepsi pengunjug tentang sarana pokok cukup baik sarana penunjang, dan pelengkap termasuk baik). Dari hasil penelitian dapat disarankan: 1) Kepada Dinas Perhubungan disarankan untuk membuat jaringan jalan khusus wisata; 2) Kepada pengelola MBK disarankan untuk mengimbangi pembangunan fisik dengan penanaman dan tidak menebang pohon disekitar MBK; 3) Kepada Dinas Kominfoparda dan pihak penyelenggara kesenian dan kebudayaan disarankan agar lebih sering mengadakan pertunjukan kesenian dan kebudayaan asli masyarakat Kota Blitar.