SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERPARIWWISARAPAN AWISATA DATA TELANALISISDALAM LAGA NGS SWOT TINJAUGEBEL KUNTUK UAN GEOKABUPA PENGEOGRAFISTEN PONMBANGS DI OBYNOROGOAN EK

nonita sandra hardianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Hardianti, Novita Sandra. 2010. Penerapan Analisis SWOT untuk Pengembangan Pariwisata dalam Tinjauan Geografis di Obyek Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing : (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si (II) Drs. Budi handoyo M.Si.

 

Kata Kunci : Analisis SWOT, Pengembangan Pariwisata, Tinjauan Geografis

Di Indonesia pengembangan pariwisata mulai ditingkatkan, dimana industri pariwisata mempunyai peranan penting dalam memperbesar pendapatan daerah. Adanya pengembangan dan pendayagunaan di sektor pariwisata diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata yang berarti akan meningkatkan pendapatan pemerintah. Pengembangan kepariwisataan merupakan kegiatan lintas sektoral dan lintas wilayah yang saling terkait, diantaranya dengan sektor industri, perdagangan, pertanian, perhubungan, sosial ekonomi serta lingkungan. Dalam pengembangan pariwisata harus memperhatikan faktor-faktor kondisi geografis baik dari geografi fisik maupun geografi sosial. Kondisi geografi sekitar obyek wisata menjadi faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan pariwisata.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kondisi geografis obyek wisata Telaga Ngebel (2) bagaimana faktor pegembang yang terdapat di obyek wisata Telaga Ngebel (3) bagaimana hasil analisis SWOT untuk pengembangan obyek wisata Telaga Ngebel. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi geografis, faktor pengembang, dan penerapan analisis SWOT di obyek wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan metode survey sebagai obyek penelitian adalah wisata Telaga Ngebel dan Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik incidental sampling (sampel kebetulan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dari kondisi geografis yang ada sesuai untuk mendukung pengembangan pariwisata Telaga Ngebel, 2) faktor pengembangan yang ada sangat sesuai untuk mendukung pengembangan pariwisata Telaga Ngebel yang harus terus didukung oleh pemerintah maupun dinas pariwisata, 3) hasil analisis SWOT terhadap obyek wisata Telaga Ngebel menunjukkan pada kuadran II (stability) dan berada di ruang C (Agresif Maintenance Strategy) yaitu pengembangan obyek wisata Telaga Ngebel dilakukan secara aktif dan agresif serta diperoleh arahan pengembangan berdasarkan matrik SWOT yaitu untuk pengembangan obyek wisata Telaga Ngebel adalah dengan meminimalkan masalah internal sehingga dapat mengembangkan peluang yang ada.