SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMP Negeri 2 Dagangan Kabupaten Madiun

hirlinda purnamasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnamasari, Hirlinda Intan. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif model      Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Siswa pada          Mata Pelajaran Geografi di SMP Negeri 2 Dagangan Kabupaten Madiun.           Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. Ach. Amirudin, M. Pd, (2) Drs. Djoko Soelitijo, M. Si

Kata Kunci: Minat belajar geografi siswa, Teams Games Tournament

Hasil observasi dan wawancara awal di kelas VIII A SMP Negeri 2 Dagangan Kabupaten Madiun ditunjukan bahwa minat siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Dagangan pada saat mengikuti pelajaran geografi rendah. Hal tersebut ditunjukan dengan ketertarikan siswa pada mata pelajaran geografi 47,62% dan kesenangan siswa pada mata pelajaran geografi 48,91%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran geografi kelas VIII A SMP Negeri 2 Dagangan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam penelitian ini diterapkan pada materi kelas VIII A semester 1 pada indikator letak Indonesia, perubahan musim, persebaran tanah, persebaran flora dan fauna, dan keadaan penduduk di Indonesia.

Minat siswa diukur dengan 2 indikator minat yaitu Ketertarikan dan kesenangan. Untuk mengukur minat siswa digunakan instrumen pedoman wawancara dan lembar observasi. Pedoman wawancara siswa dianalisis menggunakan rumus presentase sedangkan lembar observasi minat dianalisis dengan menggunakan rumus keberhasilan tindakan.

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Dagangan Kabupaten madiun, mulai tanggal 17 Juli sampai 3 Agustus 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, di mana setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Dagangan Kabupaten Madiun sebanyak 33 siswa. Analisis data yang dipakai adalah rumus presentase dan keberhasilan tindakan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan minat siswa pada mata pelajaran geografi dari sebelum, setelah pelaksanaan siklus I dan setelah pelaksanaan siklus II. Peningkatan minat siswa pada mata pelajaran geografi ini dilihat dari peningkatan presentasesentase tiap indikator minat siswa yang mengalami peningkatan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournamnet (TGT) dapat meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran geografi kelas VIII A SMP Negeri 2 Dagangan Kabupaten Madiun. Setelah penelitian disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran yang tepat pada materi yang diajarkan untuk meningkatkan minat belajar siswa.