SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif pada Topik Pemanasan Global terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri Jatiroto

Lesy Lia swastin Amrillah

Abstrak


ABSTRAK

Amrillah, Lesy Lia Swastin. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif pada Topik Pemanasan Global terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri Jatiroto.Skripsi, JurusanGeografi FISUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. EdyPurwantoM.Pd. (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si. 

 

Kata kunci: Media pembelajaran CD Interaktif, hasilbelajar.

 

Media pembelajaran berperan penting dalam pembelajaran. Namun pada kenyataan di lapangan, guru masih enggan untuk menggunakan media dalam proses pembelajaran. Pada mata pelajaran geografi, kehadiran media sangat diperlukan untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Ada beberapa jenis media audio visual salah satunya adalah media CD pembelajaran. CD pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah CD pembelajaran interaktif dimana penggunaannya dapat menciptakan interaksi antara guru dengan siswa, selain itu juga media ini digunakan karena memiliki beberapa kelebihan, seperti mampu menampilkan animasi bergerak, dilengkapi dengan audio dan gambar-gambar yang tampilannya menarik. Media ini juga dapat membuat cara berpikir siswa lebih konkrit dan nantinya dengan sendirinya akan lebih meningkatkan pemahaman materi, dari pada apabila di dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan ceramah tanpa adanya kehadiran media.

Penelitianinidilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahuipengaruhpenggunaan media pembelajarn CD Interaktifpada topik pemanasan global terhadaphasilbelajargeografisiswakelasX SMANegeriJatiroto.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasX4sebagaikelaseksperimendankelasX3sebagaikelaskontrol.InstrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascatesTeknikanalisisyangdigunakanadalahujit tidakberpasangan yang diselesaikandenganbantuankomputer program SPSS 16.0 for Windows.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaan yang signifikanantaranilai rata-rata kelaseksperimendankelaskontrol.Hasilanalisisdatadiketahuibahwarataratahasilbelajarsiswapadakelaseksperimensebesar44,50sedangkanpadakelaskontrolsebesar35,25dengannilaiprobabilitas (sig) pada t hitung adalah 0,001. Berdasarkan analisis data diambil kesimpulan bahwa hasil belajar geografi pada kelas yang menggunakan media pembelajaran CD Interaktif lebih baik daripada kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran CD Interaktif. Merujuk analisis data maka dapatdisimpulkan penggunaan media pembelajaran CD Interaktif pada topik pemanasan global berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Jatiroto.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan media pembelajaran CDInteraktif sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagipenelitilaindisarankanuntukmengembangkanpenelitiandenganmedia pembelajaran CD interaktif padamateriselainpemanasan global atau menggunakan metode dan media yang berbeda serta aspek yang diukur adalah aspek yang lainnya.