SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Siklus Belajar (Learning Cycle) Model Lawson terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang

Sahesty Adriani

Abstrak


ABSTRAK
 

Adriani, Sahesty. 2010. Pengaruh Siklus Belajar (Learning Cycle) Model Lawson terhadap  Hasil  Belajar  Geografi  Siswa  Kelas  X  SMA  Negeri  6  Malang. Skripsi,  Jurusan Geografi Fakultas  Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I)  Prof.  Dr.  Ach.  Fatchan,  M.  Pd,  M.P,  (II)  Drs.  Yusuf Suharto. 

 
Kata kunci: siklus belajar (learning cycle), hasil belajar.

 

Peningkatan  hasil  belajar  dapat  dilakukan  dengan  meningkatan  kualitas proses pembelajaran. Salah satu jenis strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk  meningkatkan  hasil  belajar  adalah  siklus  belajar.  Pembelajaran menggunakan  siklus belajar,  terdiri dari 3  fase  yaitu:  eksplorasi,  eksplanasi, dan ekspansi. Pada  dasarnya model  ini  dapat meningkatkan  pelaksanaan  pendekatan keterampilan  proses  yaitu  aktivitas  yang  berujung  pada  meningkatnya keterampilan kognitif siswa yaitu hasil belajar.

 

Penelitian  ini  dilaksanakan  dengan  tujuan  untuk  mengetahui  pengaruh siklus belajar (learning cycle) model Lawson terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X  SMA  Negeri  6 Malang.  Penelitian  ini  termasuk  penelitian  eksperimen semu  (quasi  eksperiment).  Subjek  penelitian  berjumlah  64  orang  siswa  yang terbagi  dalam  dua  kelas  yaitu  kelas X5  sebagai  kelas  eksperimen  dan  kelas  X6 sebagai kelas kontrol.  Instrumen penelitian berupa  tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji  t  tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. 

 

Hasil  penelitian menunjukkan  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  antara nilai  rata-rata  kelas  eksperimen  dan  kelas  kontrol.  Hasil  analisis  data  diketahui bahwa  hasil  belajar  geografi  dengan menggunakan  siklus  belajar memiliki  rata-rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan siklus belajar. Rata-rata  hasil  belajar  (gain  score)  siswa  pada  kelas  eksperimen  sebesar  36,29 sedangkan  pada  kelas  kontrol  sebesar  24,11. Hasil  uji  statistik  yang  diterapkan dalam  penelitian  ini  diperoleh  t  hitung  sebesar  4,385  dengan  probabilitas  (sig.) yaitu 0,000. Merujuk pada hasil  analisis data dan  temuan penelitian maka dapat disimpulkan  bahwa  siklus  belajar  (learning  cycle)  model  Lawson  berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang.

 

Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  geografi,  guru  dapat  melaksanakan pembelajaran  dengan  menggunakan  siklus  belajar.  Bagi  peneliti  lanjutan disarankan  mengembangkan  model  siklus  belajar  dengan    mengujicobakan kombinasi model  dan media pembelajaran  yang  lebih  variatif  sehingga,  tampak pengaruh  yang  besar  terhadap  hasil  belajar  siswa  dan memperoleh manfaat  dari siklus belajar.