SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA TOPIK HIDROSFER KELAS X SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK

Wulan Dwi Permatasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Permatasari, Wulan Dwi. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Topik Hidros Kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwan M.Pd, (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si

 

Kata kunci:  Pembelajaran Kooperatif, Model Cooperative Script, hasil belaj

 

Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Durenan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajara Hal tersebut terjadi karena pola pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Selain itu, hal tersebut juga berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak optimal. Siswa tidak dapat menerima dan mengendapkan materi belajar lebih banyak yang disajikan oleh guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajara Cooperative Script terhadap hasil belajar Geografi pada topik hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian du kelas yaitu kelas X B sebagai kelas eksperimen dan kelas X A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifika antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kntrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 29,21 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 16,97 dengan ni probabilitas (p) 0,000, sehingga ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar Geografi siswa pada topik Hidrosfer.

Disarankan bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajara Cooperative Script sebagai variasi model pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model ini untuk materi selain topik Hidrosfer.