SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS Semester II Pada Kompetensi Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Kaitannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan Di SMA Terpadu Abul Faidl Wonodadi Kabupaten Blitar

Rajif Hasan Ali

Abstrak


ABSTRAK

 

Ali, Rajif Hasan.2010. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS Semester II Pada Kompetensi Menganalisis Pelestarian  Lingkungan  Hidup  Kaitannya  Dengan  Pembangunan Berkelanjutan Di SMA Terpadu Abul Faidl Wonodadi Kabupaten Blitar. Skripsi,  Jurusan  Pendidikan  Geografi  FIS  Universitas  Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwato M.Pd., (II) Drs. Mustofa.  

 

Kata kunci: Metode Diskusi, Keaktifan, Siswa   

 

Refleksi awal terhadap pembelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Terpadu Abul Faidl teridentifikasi masalah-masalah pembelajaran; keaktifan siswa rendah, terbukti pada 10 menit pertama pembelajaran berlangsung tak satupun siswa yang merespon terhadap pertanyaan, sebagian besar siswa diam dan mendengarkan. Ketika diberi kesempatan bertanya hanya ada satu siswa yang mengajukan pertanyaan, sebagian besar siswa diam, mencatat, bahkan ada yang bergurau. Sebagian besar siswa kurang antusias.

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada pelaksanaannya PTK ini mengikuti langkah-langkah Kemmis dan M.c Taggart dengan langkah;1) Perencanaan, 2)  Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS semester II tahun ajaran 2009/2010 SMA Terpadu Abul Faidl yang berjumlah 24 siswa terdiri 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa data keaktifan siswa. Keaktifan belajar siswa diukur menggunakan deskriptor berupa data keaktifan siswa dalam diskusi dan keaktifan siswa dalam presentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan catatan lapangan. 

Hasil penelitian menunjukkan: adanya peningkatan keaktifan belajar siswa Kelas XI IPS SMA Terpadu Abul Faid, ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa dalam diskusi dari 41,67% pada siklus I pertemuan ke-2 menjadi 66,67% pada siklus II pertemuan ke-1dan menjadi 75% pada siklus II pertemuan ke-2, sedangkan persentase keaktifan belajar siswa dalam presentasi dari 54,17% pada siklus I pertemuan ke-2 menjadi 62,5% pada siklus II pertemuan ke-1dan menjadi 79,17 pada siklus II pertemuan ke-2. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Terpadu Abul Faidl. Disarankan bagi guru Geografi di SMA Terpadu Abul Faidl untuk menjadikan metode diskusi sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat melakukan penelitian dengan menerapkan metode diskusi pada materi lain yang bersifat problematis.