SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X-7 SMA Negeri 1 Jombang Dengan Materi Atmosfer.

Candranofani Adityawan

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Adityawan, Candranofani. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X-7 SMA Negeri 1 Jombang Dengan Materi Atmosfer. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd. M.Si, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si

 

Kata kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar.

 

              Hasil observasi pada tanggal 13 Maret 2010 menunjukkan bahwa, sebagian besar siswa (75%) tidak dapat memahami materi pelajaran Geografi dikarenakan kurangnya pemahaman dan minat pada pelajaran Geografi. Artinya, dari 35 siswa yang ada di kelas X-7 SMA Negeri 1 Jombang tersebut, 75% (sekitar 26 siswa) diantaranya belum mencapai SKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Sesuai dengan program studi peneliti yaitu pendidikan Geografi, maka penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Geografi yang akan diterapkan pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Jombang.

              Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Jombang melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Untuk mencapai maksud tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Jombang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.

              Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1, yaitu sebelum tindakan 45,71% dan sesudah diberi tindakan menjadi 60%, begitu juga dengan siklus 2, sebelum diberi tindakan 71,43% dan sesudah diberi tindakan 88,57%. Jadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 28,57%.

              Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa X-7 SMA Negeri 1 Jombang pada mata pelajaran Geografi dengan materi Atmosfer.