SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI KARAKTER PETANI IKAN PADA USAHA BUDIDAYA IKAN DI DESA PANDANSARI KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

IDA SRI PURWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sri Purwati, Ida. 2010. Studi Karakter Petani Ikan pada Usaha Budidaya Ikan di Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. A. Fatchan, M.Pd., M.Si., (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

 

Kata-kata kunci: budidaya ikan, petani ikan.

 

Memelihara ikan menjadi pekerjaan sampingan sebagian masyarakat Desa Pandansari untuk mencukupi kebutuhan hidup. Kondisi daerah yang berupa pedesaan dengan lahan yang luas dan air yang dengan mudah diperoleh menjadi modal yang sangat besar demi berkembangnya usaha perikanan di Desa ini.

 

Berbagai masalah yang dialami oleh petani ikan seperti modal dan penyakit merupakan masalah yang sering dialami petani ikan, meskipun mempunyai lahan yang luas tak jarang dari petani ikan ini mengurangi jumlah ikan yang dipelihara atau bahkan berhenti memelihara ikan karena alasan tersebut. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan budidaya perikanan di Desa ini.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi tempat budidaya ikan di Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, (2) tingkat pendidikan petani ikan, (3) pelaksanaan budidaya ikan di Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, (4) faktor yang menyebabkan menjadi petani ikan.

 

Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 25 % dari jumlah populasi yang ada dengan menggunakan teknik proportional sampling. Pengambilan datanya menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah didapat akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dengan rumus persentase.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mayoritas bentuk kolam ikan terbuat dari batu bata, berada di pekarangan rumah, sebagian besar memiliki 2 kolam, kedalaman kolam ikan antara 1,5-