SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS BAHAN AJAR GEOGRAFI TINGKAT SMA KELAS X SEMESTER I PADA STANDART KOMPETENSI MEMAHAMI KONSEP, PENDEKATAN, PRINSIP, DAN ASPEK GEOGRAFI

RATRI WULANDARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Ratri. 2010. Analisis Bahan Ajar Geografi Tingkat Sma Kelas X Semester I Pada Standart Kompetensi Memahami  Konsep, Pendekatan, Prinsip, Dan Aspek Geografi. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing  (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd, (II) Drs. Budi Handoyo, M. Si

 

Kata Kunci: analisis bahan ajar, kesesuaian isi materi, konsep, fungsi gambar

 

Masalah yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran adalah memilih dan menentukan bahan ajar yang tepat dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan materi bahan ajar yang terdapat dalam silabus hanya dituliskan secara garis besar. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dibutuhkan buku teks yang berkualitas. Buku teks merupakan komponen penting dalam setiap

kegiatan pembelajaran. Tujuan penggunaan buku teks, yaitu sebagai alat pendukung dalam kegiatan pembelajaran agar dapat berlangsung dengan lancer serta tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai oleh siswa.

 

Untuk mengetahui kualitas buku teks khususnya untuk buku teks Geografi SMA, penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kesesuaian isi materi dengan kurikulum pada standart kompetensi memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi (2) Bagaimana kebenaran konsep pada standart kompetensi memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi (3) Bagaimana fungsi gambar pada standart kompetensi memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi?.

 

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks yang banyak digunakan di SMA negeri Kota Pasuruan yaitu buku teks Geografi SMA kelas X semester I yang diterbitkan oleh Erlangga tahun terbit 2006. Pada penelitian ini, digunakan instrumen pedoman analisis teks.

 

Hasil analisis terhadap kesesuaian isi materi dengan kurikulum ditemukan 8 sub materi dari jumlah keseluruhan sebanyak 13 sub materi. Hasil analisis pada kebenaran konsep ditemukan 36 konsep tergolong sebagai konsep yang benar karena sesuai dengan buku acuan dari jumlah keseluruhan sebanyak 59 konsep. Hasil analisis terhadap gambar ditemukan 6 gambar yang berfungsi sebagai ilustrasi dari jumlah keseluruhan sebanyak 9 gambar.

 

Berdasarkan hasil analisis, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa kesesuaian isi materi dengan kurikulum tergolong cukup, yaitu sebesar 61,54%. Kebenaran konsep dalam materi Konsep Dasar Geografi tergolong cukup, yaitu sebesar 61,02%. Gambar yang terdapat pada materi Konsep Dasar Geografi sebagian besar berfungsi sebagai ilustrasi yaitu sebesar 66,6% tergolong dalam kriteria cukup. Berdasarkan kesimpulan, maka ada beberapa saran yang diberikan kepada beberapa pihak, yaitu: (1) kepada guru, sebaiknya sebelum menggunakan buku teks haruslah ditelaah lebih dahulu mengenai penyajian konsep yang terdapat dalam buku teks tersebut; (2) kepada pengarang buku, sebaiknya memperhatikan hal yang berkaitan dengan kesempurnaan buku, yaitu kesesuaian isi materi dengan kurikulum, kebenaran konsep, dan fungsi gambar.