SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Trenggalek

Bintoro Riyo

Abstrak


RINGKASAN

Bintoro, Riyo. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Trenggalek. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd. M.Si., (2) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Analitis

Pendidikan saat ini perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran. Salah satunya kemampuan yang perlu dimiliki siswa yaitu kemampuan berpikir analitis. Kemampuan berpikir analitis dapat diperoleh melalui pembelajaran yang inovatif yang menjadikan siswa mampu menentukan hubungan logis, sehingga dapat menemukan penyebab serta solusi dari pemasalahan. Model Project Based Learning dapat membantu siswa untuk berpikir analitis dan menuntut siswa lebih aktif dengan membuat proyek sesuai dengan permasalahan yang diajukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Trenggalek.

Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain postest only control grup design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Subyek penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan berpikir analitis diperoleh dengan cara diberikan tes. Tes berupa soal essai sebanyak 5 butir. Setiap soal yang dikembangkan mengukur setiap aspek yang menadi indikator kemampuan berpikir analitis Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, H1 diterima yang artinya model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA Negeri 2 Trenggalek. Kemampuan berpikir analitis kelas yang menggunakan model Project Based Learning memiliki nilai rata-rata (81,83) lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model Project Based Learning (58,38). Terjadinya pengaruh di kelas eksperimen disebabkan karena siswa terlatih untuk berani berpendapat, menemukan solusi atas permasalahan, mencari informasi yang valid, membuat kesimpulan dari informasi secara umum, dan melakukan evaluasi dalam proyek yang menuntut siswa bertanggung jawab secara individu atau kelompok. Bagi guru disarankan untuk menerapkan model Project Based Learning pada mata pelajaran geografi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (kontekstual) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Sementara bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengganti produk proyek yang dihasilkan oleh kelompok, serta menetapkan pokok bahasan yang sama.

 

SUMMARY

Bintoro, Riyo. 2019. Effect of Project-Based Learning (PjBL) in Student’s Analytical Thinking Skill of XI Grade Student at Senior High School 2 Trenggalek. Thesis, Geography Department, Social Science Faculty, Universitas Negeri Malang. Adviser: (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd. M.Si. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.

Keywords: Analitycal Thinking Skill, Project-Based Learning

The present education needed improvements in the quality of learning. One of the skill which was needed by students is analytical thinking skill. Analytical thinking skill could be achieved through an innovative learning which made student able to decide logical relationship, so student were able to discover the cause and solution of a problem. Project Based Learning might help student to think analytically and demand student to be more active by making an appropriate project  based on fornulized question. This research aimed to investigate the effect of Project-Based Learning in student’s analytical thinking of XI grade students atsenior high school 2 Trenggalek.

This research was a quasy experiment research with posttest only control group design which consisted of experiment and control group. The research subject was Senior High School 2 Trenggalek with XI IPS 1 as the experiment group and XI IPS 2 as the control group. The data collecting process for analytical thinking was collected through a test. The test consisted of 5 essay items. The data in this research was analyzed statisticaly by SPSS 16.0 for Windows program. The hyphothesis test was conducted by using T-Test.

The result showed that the H0 was rejected and H1 was accepted which meant that Project based learning affected Senior High School 2 Trenggalek student’s analytical thinking skill. The mean score of analytical thinking skill in the experiment class was (81,83) higher than control class (58,83). The effect in the experiment class was caused by student was trained in bravely arguing, discovering solutions for problems, finding out valid information, concluding general information, project evaluating which demanded students to be responsible as an individual or in group. It was recomended for teachers to implement the Project Based Learning in geography subject which was related with daily life (contextual) to promote student’s analytical thinking. While for researcher, it was recomended to change the produced project product by groups and decide the same main topic discussion.