PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI ATMOSFER SISWA KELAS X MIA SMAN 3 BATU
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada kompetensi atmosfer siswa kelas X MIA SMAN 3 Batu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Nonequivalent Group Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes esai yang terdiri dari 5 butir soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis uji-t. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis