SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS PEMINATAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Ana Ma'rifatul Khasanah

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas peminatan geografi SMA Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  yang dilaksanakan mengunakan dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis  data mengunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. dibuktikan dari skor rata-rata siklus I 76,56 meningkat pada siklus II dengan  skor rata-rata 86,21.

Kata Kunci :  berpikir analitis siswa, discovery learning.