SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Diponegoro Tumpang

Wulansari Putri Agustina

Abstrak


RINGKASAN

Wulansari, Putri Agustina. 2019. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Diponegoro Tumpang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbung: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si. (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat penting untuk dimiliki oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan siswa dituntut untuk tidak sekedar menerima dan menghafal materi, namun juga harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat dikembangkan melalui model pembelajaran yang tepat salah satunya yaitu Problem Based Learning. Melalui model Problem Based Learning dapat mendorong siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam mata pelajaran geografi materi Mitigasi Bencana Alam.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experiment with Posttest Only Control Group Design dengan dua kelompok subjek penelitian yang memiliki kemampuan sama. Subjek penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Diponegoro Tumpang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes objektif dan subjektif kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diberikan setelah pemberian perlakuan dan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Diponegoro. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai kelas yang menggunakan model Problem Based Learning lebih besar (80,07) dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model Problem Based Learning (75,93). Hasil signifikasi uji-t sebesar 0.007 < 0.05 yang menandakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning dapat digunakan sebagai referensi model pembelajaran oleh guru mata pelajaran geografi.

SUMMARY

Wulansari, Putri Agustina. 2019. The Effect of Problem Based Learning towards the Higher Order Thinking Skills of the Students SMA Diponegoro Tumpang. Thesis. Geography Major, Faculty of Social Science of Universitas Negeri Malang. Advisors: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si. (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

Keywords: Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills

Higher Order Thinking Skill is a very important skill to be owned by students. This happens because students are required not only to accept and memorize materials, but also have a a higher order thinking skill. Higher order thinking skills can be developed through appropriate learning models, one of which is Problem Based Learning. Problem Based Learning model can encourage students to develop their thinking skills. This research was conducted with the aim to determine the effect of Problem Based Learning on the higher order thinking skills students in geography subjects in The Mitigation of Natural Disaster.

This research uses a research design Quasi-Experiment with Posttest Only Control Group Design with two group of study objects who have the same capabilities. The objects of this study were the XI IPS (Social Science) 2 class as the experimental class and XI IPS 4 class as the control class. Location of the study was conducted at SMA Diponegoro Tumpang. The instruments used are objective and subjective tests to determine the higher order thinking skill, and the data analysis technique is using the t-test.

The result shows that Problem Based Learning affect the higher order thinking skill of SMA Diponegoro Tumpang. This is proved by the acquisition of the average class scores which uses Problem Based Learning model is greater (80.07) compared to the other class that does not use Problem Based Learning model (75.93). Moreover, the result of the t-test significance is 0.007