SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Video Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Malang

Sahara Paxia Faharuni

Abstrak


RINGKASAN

Sahara, Paxia Faharuni. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Video Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

Kata Kunci: Problem Based Learning Menggunakan Video, Kemampuan Berpikir Analitis, Motivasi Belajar.

Kemampuan berpikir analitis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dikembangkan dalam mata pelajaran geografi. Kemampuan tersebut dapat dikembangkan dengan model pembelajaran yang tepat. Model PBL menggunakan video merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa. Pada model model PBL menggunakan video terdapat tahapan-tahapan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis. Tahapan pembelajaran tersebut terdiri dari

1) orientasi siswa pada masalah,

2) mengorganisasi siswa untuk belajar,

3) membimbing penyelidikan kelompok,

4) mengembangkan dan menyajikan hasil, serta

5) mengevaluasi proses pemecahan masalah. Motivasi belajar sebagai variabel moderator, merupakan daya penggerak dalam diri siswa yang berfungsi untuk memberi arahan dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

1) pengaruh model PBL menggunakan video pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, dan

2) pengaruh model PBL menggunakan video pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari motivasi belajar siswa.

Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi dengan desain post test only control group. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan perlakuan model PBL siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang. Instrumen berupa soal esai tes kemampuan berpikir analitis dan angket motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan SPSS 16.0 for windows. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji-F.

Hasil penelitian diperoleh bahwa

1) model PBL menggunakan video pada mata pelajaran geografi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, dan

 

2) model PBL menggunakan video pada mata pelajaran geografi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Pada temuan pertama, dibuktikan dengan signifikasi hasil uji-t sebesar 0.02 ≤ 0.05 dengan kata lain H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model PBL menggunakan video pada mata pelajaran geografi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Temuan kedua, hasil uji-F menunjukan signifikasi sebesar 0.038 ≤ 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model PBL menggunakan video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang. Keberhasilan model PBL dalam mempengaruhi kemampuan berpikir analitis tidak lepas dari langkah-langkah dan kelebihan model yang dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa melalui proses pemecahan masalah. Selain itu, motivasi belajar juga terbukti turut mempengaruhi kemampuan berpikir analitis. Motivasi belajar dapat mendorong keinginan dan kemauan siswa untuk belajar, sehingga juga menumbuhkan kemampuan berpikir analitisnya.