SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MODEL INKUIRI TERBIMBING PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA

Istikomah Diasy Nur Azizah

Abstrak


MODEL INKUIRI TERBIMBING PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA

Nur Azizah Diasy Istikomah, Hadi Soekamto, Rudi Hartono

Universitas Negeri Malang

E-mail: diasyazizah5@gmail.com 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Kediri. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan randomized post-test only control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan soal essai kemampuan berpikir analitis dan  angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis of variance (ANAVA) pada taraf 5% dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan analisis diperoleh hasil sebagai berikut, 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis 0.00 ≤ 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari motivasi belajar 0.02 ≤ 0,05.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Analitis, Motivasi Belajar Siswa

THE EFFECT OF GUIDED  INQUIRY LEARNING MODEL  ON ANALITICAL THINKING ABILITY VIEWED FROM GEOGRAPHY LEARNING MOTIVATION

Nur Azizah Diasy Istikomah, Hadi Soekamto, Rudi Hartono

Universitas Negeri Malang

E-mail: diasyazizah5@gmail.com 

Abstrac: This study aims to determine the effect of the Guided Inquiry learning model on analytical thinking skills in term of geographic learning motivation of class XI IIS students of SMAN 1 Kediri. This research design uses quasi-experimental with randomized poste-test only control group design. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan randomized post-test only control group design. The subjek of this research is class XI IIS 1 as an experimental class and class XI 2 as control class.  Instrumen use include essay test of analytical thinking and learning motivation questionnaire. Data analysis technique use is analysis of variance (ANAVA) at the 5% significance level with SPSS 16.0 for windows. Based on the analysis obtained the following result, 1) there is effect of Guided Inquiry learning model on (0.00 ≤ 0,05), Berdasarkan analisis diperoleh hasil sebagai berikut, 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis (0.00 ≤ 0,05), 2) there is effect of Guided Inquiry learning model on analytical thinking in term of geographic learning motivation (0.02 ≤ 0,05).