SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang

Bariroh Waldati

Abstrak


 

RINGKASAN

Bariroh, Waldati. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si. (2) Purwanto, S.Pd, M.Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Keterampilan Geografi.

Keterampilan geografi merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa. Keterampilan geografi dapat dikembangkan melalui penerapan model pembelajaran oleh guru. Tetapi belum banyak guru menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan geografi. REACT merupakan model pembelajaran kontekstual yang menekankan pada kebermaknaan melalui pengaitan materi dengan kehidupan sehari-hari. Pada model pembelajaran REACT terdapat keunggulan-keunggulan yang dapat meningkatkan keterampilan geografi. Namun, belum diketahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan geografi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan geografi siswa kelas X lintas minat di SMAN 9 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian jenis Quasi Experiment. Subyek penelitian adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunaan berupa soal essai keterampilan geografi. Teknik analisis data dilaukan dengan uji-t.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajran REACT berpengaruh kepada keterampilan geografi siswa kelas X lintas minat di SMAN 9 Malang. Temuan ini dibuktikan dengan signifikan hasil uji-t sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan rata-rata gainscore kelas yang menggunakan model pembelajaran REACT lebih tinggi (14,5) dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model pembelajran REACT (4,5). Kegiatan yang berpengaruh pada keterampilan geografi siswa diantaranya siswa dapat mengaitkan pengetahuan awal dengan materi yang diajarkan, siswa dapat menemukan sendiri konsep materi yang dipelajari, siswa dapat menerapkan dalam konteks yang bermakna, dan siswa dapat menerapkan onsep pada konteks yang berbeda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu kompetensi pendidik yang memadahi, instrumen yang rinci, dan membiasakan siswa mengasah keterampilan geografi yang dimiliki.

SUMMARY

Bariroh, Waldati. 2019. Effect of REACT Learning Model (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) on Geographical Skills of Class X Students Cross Interest in SMAN 9 Malang. Thesis. Department of Geography, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisor (1) Dr. Budi Handoyo, M.Sc. (2) Purwanto, S.Pd, M.Sc.

Keywords: REACT Learning Model, Geography Skills.

Geography skills are important skills students must have. Geographical skills can be developed through the application of learning models by the teacher. But not many teachers use the right learning model to improve geography skills. REACT is a contextual learning model that emphasizes meaningfulness through relating material to everyday life. In the REACT learning model there are advantages that can improve geography skills. However, it is not yet known the effect of the REACT learning model on geography skills.

This study aims to determine the effect of REACT learning models on geography skills of class X students across interests at SMAN 9 Malang. This study included the type of Quasi Experiment research. The research subjects were class X IPA 4 as the experimental class and class X IPA 3 as the control class. The instrument used is in the form of essay questions about geography skills. The data analysis technique is done by the t-test.

Results of this study indicate that the REACT learning model influences the geographic skills of class X students across interests at SMAN 9 Malang. This result is proven by the significant results of the t-test of 0,000 ≤ 0,05 and the class gaincore averages using the REACT learning model are higher (14,5) than the class that does not use the REACT learning model (4,5). Then it can be concluded that H0 is accepted and accepted H1, which means REACT learning model influences the geography skills of class X students across the interests of SMAN 9 Malang.Activities that affect students geography skills include students can associate initial knowledge with material, student can find their own material concepts, students  can apply in a meaningful context, and students can apply concepts to different contexs. To get maximum result, it needs adequate educator competence, mature instruments, and familiarize students with their geographic skills.