SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MALANG DITINJAU DALAM PERSPEKTIF GAYA BELAJAR

Rizki Astiananda

Abstrak


PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MALANG DITINJAU DALAM PERSPEKTIF GAYA BELAJAR

Rizki Astiananda, Budi Handoyo, Rudi Hartono, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang

Email: rizkiastiananda20@gmail.com

 

Abstrak: Berpikir spasial merupakan keterampilan fundamental yang penting dimiliki untuk menghadapi tantangan abad 21. Keterampilan tersebut dapat dikembangkan melalui pembelajaran geografi di sekolah. Namun pada kenyataanya, pembelajaran geografi masih bersifat parsial, sehingga belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir spasial. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan aspek gaya belajar siswa dapat mengoptimalkan pengembangan keterampilan berpikir spasial. PBL merupakan model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan keterampilan berpikir spasial, sehingga tepat untuk digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap keterampilan berpikir spasial dan pengaruh PBL terhadap keterampilan berpikir spasial siswa ditinjau dalam perspektif gaya belajar. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent pre-test-post-test control group design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar dan soal esai keterampilan berpikir spasial. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-f pada level signifikansi 5%. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa PBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial siswa dan juga berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial ditinjau dalam perspektif gaya belajar. Rata-rata gain score siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibanding siswa kelas kontrol. Rata-rata gain score siswa kelas eksperimen pada setiap gaya belajar juga menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibanding siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 untuk hipotesis pertama dan 0,001 untuk hipotesis kedua. Kedua nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,005, sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa PBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial siswa dan juga berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial siswa ditinjau dalam perspektif gaya belajar.

Kata Kunci: PBL, keterampilan berpikir spasial, gaya belajar

 

THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) ON SPATIAL THINKING SKILLS OF CLASS XI SOCIAL SCIENCE STUDENT AT PUBLIC SENIOR HIGH SCHOOL 6 MALANG REVIEWED FROM LEARNING STYLE PERSPECTIVE

Rizki Astiananda, Budi Handoyo, Rudi Hartono, Department of Geography, Faculty OF Social Science, State University of Malang

Email: rizkiastiananda20@gmail.com

 

Abstrac: Spatial thinking is a fundamental skill to be owned to face 21 century challenge. This skill can be developed through Geography learning at school. Yet, in fact, Geography learning still considered as partial, so that unable to evolve spatial thinking skill. Appropriate learning method choosing with considering students’ learning style aspect is able optimize spatial thinking skill development. Problem Based Learning (PBL) is a learning method which is estimated to be able to increase spatial learning skill, makes it very appropriate to be implemented. The purpose of this research is to find out the influence of PBL on spatial thinking skill and the influence of PBL on spatial thinking skill reviewed in learning style perspective. This research is a quasi experiment with non-equivalent pre-test-post-test control group design. The instruments used to collect the data are learning style questionnaire and essay test of spatial thinking skill. The technique used to analyze the data is f-test at 5% significance level. The result pointed that PBL does influence the students’ skill in spatial thinking and spatial thinking skill considered from learning style perspective as well. The average score that experiment class students gained in every type of learning styles is higher than control class students. The results from hypotesis test shows that siginificance score is 0,000 in the first hypotesis and 0,001 in the second hypotesis. Because the second significance score is less than 0,005, then H0  is rejected. Based on that reason, we can draw a conclusion that PBL is able to influence student's skill in spatial thinking and also influence spatial thinking skill considered from learning style perspective.

Keywords: PBL, spatial thinking skill, learning style