SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Validasi Buku Teks Geografi Kelas XI pada Kompetensi Dasar Menganalisis Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Berdasarkan Karakteristik Ekosistem

Wijayanti Setia

Abstrak


RINGKASAN

Wijayanti, Setia. 2019. Validasi Buku Teks Geografi Kelas XI pada Kompetensi Dasar Menganalisis Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Berdasarkan Karakteristik Ekosistem. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

Kata Kunci: Validasi, Buku Teks, Kompetensi Dasar

Buku teks berperan penting sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Buku teks yang benar harus memenuhi keseluruhan aspek dalam buku teks. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka perlu dilakukan validasi pada buku teks. Validasi adalah pengamatan lebih lanjut pada buku teks yang digunakan oleh peserta didik dan guru dalam pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian isi materi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, dan keberfungsian media dalam buku teks. Objek dalam penelitian ini adalah buku teks Geografi kelas XI pada terbitan Mediatama tahun 2016, khususnya pada kompetensi dasar menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem.

Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan dokumen sebagai objek analisis. Melalui penelitian ini, peneliti melakukan analisis untuk mengetahui tingkat kelayakan buku teks yang digunakan. Buku teks dipilih berdasarkan hasil observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa 7 dari 10 SMA Negeri di Kota Malang menggunakan buku Geografi terbitan Mediatama tahun 2016.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase kesalahan sebesar 14,93% menunjukkan bahwa tingkat validitas buku teks tergolong sedang. Hal ini dibuktikan dengan temuan hasil penelitian aspek-aspek validasi buku teks yang meliputi:

1) kesesuaian isi materi dengan kurikulum tergolong sedang karena terdapat kesalahan sebesar 6,06%,

2) kebenaran konsep tergolong sedang karena terdapat kesalahan sebesar 18,18%,

3) kebenaran bahasa tergolong sedang karena terdapat kesalahan tanda baca sebesar 9,94%, dan 4) keberfungsian media tergolong rendah karena terdapat media yang tidak berfungsi sebesar 25,53%.

SUMMARY

Wijayanti, Setia. 2019. The Validation of Geography Textbook of Grade XI on the Basic Competence of Analyzing the Distribution of Flora and Fauna in Indonesia and the World Based on the Characteristics of Ecosystem. Thesis. Major of Geography, Faculty of Social Science of Universitas Negeri Malang. Advisors: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

Keywords: Validation, Textbooks, Basic Competences

Textbooks play an important role as teaching materials in learning activities. The correct textbook must fulfill all aspects in the textbook. Based on the statement, it is necessary to validate the textbook. Validation is a further observation of the textbook used by students and teachers in learning.

The purpose of this study was to determine the suitability of the content of the material with the curriculum, the truth of the concept, the truth of the language, and the effectiveness of the media in the textbook. The subject in this study is the class XI Geography textbook in the Mediatama publication in 2016, especially on the basic competencies analyzing the distribution of flora and fauna in Indonesia and the world based on the characteristics of the ecosystem.

This research is classified as quantitative descriptive research, uses documents as objects of analysis. Through this study, researchers conducted an analysis to determine the feasibility level of the textbook used. Textbooks are selected based on observations. The results of the observation showed that 7 out of 10 public high schools in Malang City used the Mediatama publication Geography book in 2016.

The results of this study indicate that the average percentage error of 14.93% indicates that the level of validity of the textbook is classified as moderate. This is proved by the findings of the results of the study of textbook validation aspects which include:

1) the suitability of the content of the material with a relatively classified curriculum because there is an error of 6.06%,

2) the truth of the concept is classified as due to errors of 18.18%,

3) the truth of the language is moderate because there are errors in punctuation of 9.94%, and

4) the function of the media is classified as low because there is a non-functioning media of 25.53%.