SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPKIR ANALITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS 5 SMAN 1 TUMPANG

Cicik Ismaniah

Abstrak


Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 5 di SMAN Tumpang. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 5 SMAN 1 Tumpang semester genap tahun ajaran 2018 - 2019 yang berjumlah 30 siswa.. Instrument penelitian yaitu soal esai sebanyak 5 soal yang diujikan setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan setelah memperoleh hasil tes dengan mengkualifikasikan hasil tes sesuai dengan kualifikasi berpikir analitis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa pada siklus I sebesar 71,83 ke siklus II sebesar 84,20, yaitu mengalami peningkatan sebesar 12,37  dengan persentase sebesar 17,22%. Dapat disimpulkan penerapan model PBL benbantuan media video dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Tumpang.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Analitis