SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI 1 KOTA MALANG

nurrohman umar imam

Abstrak


RINGKASAN

Nurrohman, Umar Imam. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery berbasis Outdoor Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Sukamto, S.H, M.Pd, M.Si. (II) Drs. Hendri Purwito, M.Pd

Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar Siswa

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui:

(1) pengaruh model pembelajaran discovery berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir kritis, dan

(2)  pengaruh model pembelajaran discovery berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain randomized post test only control group. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran discovery berbasis outdoor study dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model. Subyek yang yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 KOTA MALANG. Pemilihan subyek penelitian karena kedua kelas memiliki rata-rata nilai yang hampir sama. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal soal esai yang mengukur kemampuan berpikir kritis, dan angket untuk mengukur minat belajar siswa. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji-t dan Uji-F dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian diperoleh bahwa

(1) model pembelajaran discovery berbasis outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan

(2) model pembelajaran discovery berbasis outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa. Dari hasil temuan pertama, analisis yang dilakukan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diketahui bahwa nilai probabilitas adalah 0,002. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas < 0,05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak dan (H1) diterima. Hasil analisis yang dilakukan pada temuan kedua diketahui bahwa nilai probabilitas adalah 0,005. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas < 0,05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak dan (H1) diterima.

Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu:

(1) bagi guru disarankan untuk menerapkan dikelas,

(2) bagi sekolah disarankan untuk memberikan kemudahan bagi guru maupun siswa untuk melakukan model pembelajaran model pembelajaran discovery berbasis outdoor study.

(3) bagi peneliti lanjut disarankan untuk memberikan variasi dan dikombinasi dengan media.