SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI SMA NEGERI

Hilda Ervica Rachman

Abstrak


Abstrak: penelitian dilatar belakangi kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran. Adapun media yang digunakan kurang inovatif sehingga siswa mudah bosan di dalam kelas. Pengembangan media disetarakan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Teknologi yang dekat dengan siswa adalah handphone, hal ini dimanfaatkan peneliti untuk mengembangkan media berbasis permainan dalam android. Model yang digunakan peneliti adalah modifikasi dari Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah. Subjek penelitian adalah siswa XI IPS 4 SMAN 1 Glenmore dan guru geografi selaku ketua MGMP Geografi Banyuwangi. Validasi dilakukan pada ahli materi dan media sebelum diuji cobakan. Hasil ujicoba dari kedua ahli menyatakan bahwa media valid dengan beberapa catatan perbaikan. Hasil uji coba pada siswa dengan skor 85,92 untuk materi dan 89,08 untuk media yang berarti bahwa media layak digunakan. Hasil uji coba guru dengan skor aspek tampilan 98,08 dan aspek materi 89,29 yang berarti media layak digunakan.

Kata Kunci: media pembelajaran, model borg and gall, permainan monopoli

 

Abstract: Abstract: research is based on the lack of use of media in learning. The media used is less innovative so students are easily bored in the classroom. Media development is equated with increasingly rapid technological developments. Technology that is close to students is mobile phones, this is used by researchers to develop media-based games in Android. The model used by the researcher is a modification of Borg and Gall using six steps. The research subjects were XI IPS 4 students of SMAN 1 Glenmore and geography teacher as the chairman of the Banyuwangi Geography MGMP. Validation was carried out on learning material and media experts before being tested. The results of the trials of the two experts state that the media is valid with some improvement notes. The results of the trial on students with a score of 85.92 for material and 89.08 for media means that the media is worthy of use. The results of the teacher trial with a score of 98.08 display aspects and material aspects 89.29 which means that media is worthy of use.

Keywords: learning media, borg and gall model, monopoly game