SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemetaan Potensi Objek Wisata Sejarah Di Lasem, Kabupaten Rembang

Ikmal Tahriri

Abstrak


Kecamatan Lasem termasuk dalam kawasan rencana pengembangan wisata sejarah Kabupaten Rembang. Lasem memiliki peninggalan bersejarah yang banyak dan kompleks. Pengelolaan potensi wisata sejarah Lasem belum dilakukan dengan baik dan maksimal. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya kunjungan wisatawan selama sepuluh tahun terakhir.

Tujan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi objek wisata sejarah di Lasem, kemudian menganalisa tingkat potensi objek wisata sejarah di Lasem, dan terakhir memetakannya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu menjelaskan data hasil penelitian yang telah diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei lapangan yang terdiri atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan metode deskreptif kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan berdasarkan metode penilaian dari Mac Kinnon dan Gunn. Penilaian dilakukan terhadap parameter potensi wisata sejarah yang terdiri atas keunikan, estetika, keutuhan, keaslian dan atraksi. Penilaian juga dilakukan pada parameter potensi pendukung wisata sejarah seperti jarak, aksesibilitas, informasi/promosi, kunjungan wisatawan, fasilitas wisata, pelestarian objek, dan kebijakan pemerintah. Penilaian dilakukan di 19 lokasi bersejarah atau objek wisata sejarah Lasem. Metode kuantitatif dilakukan untuk proses pemetaan. Pemetaan dilakukan berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis yang telah dilakukan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya,

(1) Identifikasi potensi objek wisata sejarah di Lasem diperoleh 19 objek peninggalan sejarah di Lasem. 19 objek bersejarah tersebut dianggap telah mewakili setiap masa pembabakan sejarah di Lasem.

(2) Analisis terhadap potensi objek wisata sejarah di Lasem menunjukkan terdapat 6 objek wisata sejarah Lasem masuk dalam kategori sangat potensial, 6 objek wisata sejarah masuk dalam kategori cukup potensial, dan 7 objek wisata sejarah masuk dalam kategori kurang potensial.

(3) Pemetaan potensi objek wisata sejarah Lasem menunjukkan bahwa, sebagian besar lokasi objek wisata mengelompok di pusat kegiatan Kecamatan Lasem dan sebagian besar objek wisata sejarah tidak didukung / jauh dari fasilitas pendukung wisata sejarah.