SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMAN 7 MALANG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Rokhmatul Umaroh

Abstrak


Praktik pembelajaran Kurikulum 2013 menghendaki terciptanya suasana pembelajaran yang ideal sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber observasi, bukan diberi tahu; mampu merumuskan masalah (menanya), bukan hanya menyelesaikan masalah (menjawab); melatih berpikir analitis (pengambilan keputusan), bukan berpikir mekanistis (rutin) dan menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir analitis perlu dioptimalkan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran abad ke-21. Begitupula dalam kegiatan pembelajaran pada Mata Pelajaran Geografi yang menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menganalisis fenomena geosfer.

Pengoptimalan kemampuan berpikir analitis bagi peserta didik dapat diasah dengan menggunakan model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari misalnya model Problem Based Learning (PBL). Model PBL dapat melatih peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi, berpikir kreatif, kritis dan analitis untuk menyelidiki penyebab permasalahan. Model PBL ditunjang menggunakan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) agar memudahkan peserta didik dalam memperoleh panduan kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis mereka dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik Kelas XI IPS di SMAN 7 Malang pada Mata Pelajaran Geografi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunkan merupakan quasy experiment (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian posttest control group design. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Independent Sample T-Test dan diperoleh hasil signifikan yang ditunjukkan dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0.007 ≤ 0.05. Selain uji hipotesis yang dilakukan, didukung oleh data nilai rata-rata tes kemampuan berpikir analitis peserta didik  kelas eksperimen lebih tinggi yakni 83,08 dibanding kelas yakni 78,58. Hasil dari penelitian adalah model Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik Kelas XI IPS SMAN 7 Malang pada Mata Pelajaran Geografi.