SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X IPS SMA 1 NEGERI BATU

Wahyudi Alamsyah

Abstrak


RINGKASAN

Wahyudi, Alamsyah. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X IPS SMA 1 Kota Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.Yusur Suharto M.Pd, (II) Drs. Hendri Purwinto, M.Si

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kreatif

Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dalam pembelajarannya diberikan suatu permasalahan untuk dipecahkan.

Model ini melibatkan siswa akitf dalam pembelajaran karena siswa dituntut untuk memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru. Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitor. Model ini memiliki 5 sintaks yakni

(1) orientasi siswa pada masalah,

(2) mengorganisasikan siswa untuk belajar,

(3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

(4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan

(5) menganalisis atau mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang termasuk dalam penelitian kuantitatif subjek penelitian ini berjumlah 61 siswa dengan rincian yaitu X IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 dan X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan Jumlah siswa 30. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal essai posttest yang berjumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Uji-t digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan bepikir kreatif siswa kelas eksperimen . Rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi 4,28 dari pada kelas kontrol. Pada perhitungan uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh Sig.(2-tailed) 0,038 ≤ 0,05 berdasarkan hal tersebut H0 ditolak. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif sisswa kelas X IPS SMAN 1 Kota Batu.

SUMMARY

Wahyudi, Alam. The Effect of Problem Based Learning Model Of Creative Thinking Skill Class X IPS SMA 1 Batu. Thesis, Geography Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Malang State University.. Advisor: (1) Drs.Yusur Suharto M.Pd, (II) Drs. Hendri Purwinto, M.Si

Keywords: Problem Based Learning Model, Creative Thinking

Problem Based Learning Modelconstitutemodels of learning in learning are given a problem to solve.This model involves students akitf in learning because students are required to solve the problem given by the teacher. Problem Based Learning is student-centered learning and the teacher only as facilitators. This model has the syntax 5

(1) The student orientation at issue,

(2) organize the students to learn,

(3) guiding the investigation or a group

(4) develop and present the work and

(5) to analyze or evaluate the problem solving process.

The purpose of this study to determine whether there is influence learning model Problem Based Learning on Creative Thinking Ability IPS class X SMA Negeri 1 Batu. This study is a quasi-experimental research were included in the quantitative research subject of this research were 61 students with details that X IPS 4 as the control class with the number of students 30 and X IPS 3 as an experimental class with 30. Number of student data collection instruments used is a matter essai posttest, amounting to 5 questions. Data were analyzed using t-test. T-test was used to determine the effect of the learning model Problem Based Learning on Students Creative Thinking ability.

The results showed that there was a positive and significant influence on the model of Problem Based Learning creative ability to think with the experimental class students. The average results of students' ability to think creatively experimental class is higher by 4.28 than the control class. The calculation of the hypothetical test, the result for Sig. (2-tailed) 0.038 ≤ 0.05 based on that H0 is rejected. Therefore it can be concluded that there is a Problem Based Learning model of influence on the ability to think creatively sisswa Class X IPS SMAN 1 Kota Batu.