SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTH SCIENCE SYSTEM IN THE COMMUNITY (EARTHCOMM) BERBANTUAN CITRA GOOGLE EARTH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA MAN 3 KEDIRI

Syaviar Fitra Arief

Abstrak


RINGKASAN

Syaviar, Fitra Arief. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Berbantuan Citra Google Earth pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa di MAN 3 Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Purwanto, S.Pd., M.Si (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si

Kata Kunci: model pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm), citra google earth, kemampuan berpikir spasial

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi proses kemajuan individu dan bangsa. Berkaitan dengan pentingnya pendidikan, dibutuhkan model pembelajaran dan metode mengajar yang membuat siswa mampu berkembang dan terlibat langsung dalam kegiatan kelas. Geografi merupakan ilmu untuk mengembangkan dan membangun kemampuan berorientasi spasial. Kemampuan berpikir spasial kaitannya dengan fenomena geosfer yakni kemampuan mengolah dan menguasai informasi yang didapat dalam ruang. Model EarthComm merupakan model yang berorientasi pada pemecahan masalah di bumi yang dikaji dalam masyarakat. Maka, dikaitkan dengan kemampuan berpikir spasial model ini diharapkan mampu untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) berbantuan Citra Google Earth pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Model eksperimen yang digunakan yakni Quasi Experiment dengan menerapkan Posttest Only Control Group Design  dengan melibatkan dua kelompok dengan subjek penelitian X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 1 sebagai kelas kontrol yang diambil berdasarkan nilai UAS. Tes kemampuan berpikir spasial dilaksanakan setelah pemberian perlakuan kepada kedua kelas. Tes diberikan dalam bentuk soal essay yang telah dirancang sesuai indikator kemampuan berpikir spasial. Teknik analisis data dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 22 For Windows dengan uji t (Independent Sample T-Test).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Diketahui bahwa nilai rata-rata kelas kontrol 66,60 dan kelas eksperimen yakni 74,39 sehingga terdapat perbedaan 8% keduanya. Berdasarkan hasil analisis data uji t (Independent Sample T-Test) terdapat pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) berbantuan citra google earth pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir spasial siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Model pembelajaran EarthComm ini disarankan untuk dijadikan variasi pembelajaran guru dalam penerapan model pembelajaran. Model ini juga dapat dikembangkan oleh peneliti lain dengan menambah variabel moderator atau media lain.

SUMMARY

Syaviar, Fitra Arief. 2019. The Effect of Learning Model of Earth Science System In The Community (EarthComm) Assisted by Google Earth Imagery in Geography Subjects to Student Spatial Thinking Ability in MAN 3 Kediri. Thesis, Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Malang. Advisor: (1) Purwanto, S.Pd., M.Si (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si

Keywords: Earth Science System In The Community (EarthComm) learning model, Google Earth Imagery, spatial thinking skills

Education is one of the important factors that influences the progress of individuals and nations. Regarding the importance of education, a learning model and teaching methods are needed that enable students to develop and be directly involved in classroom activities. Geography is the science of developing and building spatial oriented abilities. The ability to think spatially related to the geosphere phenomenon is the ability to process and master the information obtained in space. The EarthComm model is a model oriented to solving problems on earth that are studied in society. So, associated with the ability to think spatially this model is expected to be able to achieve the expected goals.

This study aims to determine the effect of the Earth Science System In The Community (EarthComm) learning model assisted by Google Earth imagery on geographic subjects on students' spatial thinking abilities. The experimental model used is Quasi Experimental research by applying Posttest Only Control Group Design by involving two groups with research subjects X IIS 2 as the experimental class and X IIS 1 as the control class taken based on the UAS value. Spatial thinking ability tests are carried out after giving treatment to both classes. Tests are given in the form of essay questions that have been designed according to indicators of spatial thinking skills. Data analysis techniques are carried out using IBM SPSS Statistics 22 For Windows with the t test (Independent Sample T-Test).

The results of this study indicate that the average value of the experimental class is higher than the control class. It is known that the average value of the control class is 66.60 and the experimental class is 74.39 so that there is a difference of 8% both. Based on the results of the t-test (Independent Sample T-Test) data, there is the influence of Learning Model Earth Science System In The Community (EarthComm) assisted by Google Earth's image on geographic subjects on students' spatial thinking abilities compared to control classes using conventional models. This EarthComm learning model is recommended to be used as a variation of teacher learning in the application of learning models. This model can also be developed by other researchers by adding moderator variables or other media.