SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Untuk Menigkatkan Minat & Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang

Presilia Reva Fadul Allah Dian

Abstrak


RINGKASAN

Presilia, Reva. 2019. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Untuk Menigkatkan Minat & Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto,. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si.

Kata Kunci : Lingkungan Sekitar, Sumber Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Minat belajar yang sangat tinggi diperlukan dalam menunjang proses belajar siswa. Minat belajar yang tinggi mampu menunjang hasil belajar siswa, sebaliknya minat belajar yang rendah mampu memberikan dampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Hasil observasi pada pra tindakan menyatakan siswa sangat kurang berminat terhadap mata pelajaran geografi. Ditambah banyak siswa yang mendapat nilai remedial atau nilai dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebagai solusi alternatif permasalahan pembelajaran, dapat melalui Pembelajaran dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar. Diharapkan dengan penelitian ini, mampu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Malang.

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Peneliti terlibat dalam keseluruhan proses penelitian, mulai dari pra tindakan, perencanaan, penyusunan bahan ajar, pelaksanaan, pengumpulan data, dan penganalisis data. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan kuesioner. Keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan lembar observasi, hasil belajar menggunakan tes sedangkan minat belajar menggunakan kuesioner. Hasil belajar diukur menggunakan indikator kompetensi, sedangkan minat menggunakan indikator minat belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar mampu meningkatkan minat belajar. Berdaerkan keterangan obsever peningkatan terlihat saat proses pembelajaran siklus II berlangsung. Siswa mampu mengidentifikasi tugas dengan baik saat observasi lapangan. Pelaksanaan pembelajaran siklus II lebih terstruktur, setelah sebelumnya hasil diskusi refleksi siklus I dilakukan perbaikan. Keberhasilan pada rata-rata nilai minat rata-rata 82,95 pada siklus I lalu meningkat lagi menjadi 82,95 pada siklus II . Peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 44,464 saat pra tindakan meningkat menjadi 51,58 pada siklus I dan mengalami peningkatkan pada siklus II sebesar 66,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang.

Berdasarkan kesimpulan diatas, terdapat beberapa hal sebagai berikut :

(1) Keberhasilan penelitian berdasarkan kualitatif yakni ketika peningkatan proses pembelajaran pada siklus II.

(2) Peningkatan kuantitatif berdasarkan peningakatan minat belajar dan hasil belajar siswa.

(3) Demikian dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang.

 

SUMMARY

Presilia, Reva. 2019. Utilization of the Neighborhood as a Learning Resource to Increase Interest & Learning Outcomes of Students of X Social 3 Class in Senior High School Number 6 of Malang. Essay. Department of Geography. Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Malang. Advisor: (I) Drs. Yusuf Suharto ,. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si.

Keywords: Neighborhood, Learning Resources, Learning Interest, Learning outcomes

A very High interest in learning can support student learning outcomes, on the contrary low learning interest can have an impact on the low student learning outcomes. The results of observations on pre-action stated that students were very less interested in geography subjects. Plus many students get remedial scores or values below the minimum completeness criteria . As an alternative solution to learning problems, it can be through Learning by Utilizing the Neighborhood as a Learning Resource. It is expected that with this study, able to increase interest and learning outcomes of students of X Social 3 Class IN Senior High School Number 6 Malang.

This study includes classroom action research which consists of two cycles, each cycle consisting of one meeting. The researcher is involved in the entire research process, starting from pre-action, planning, preparation of teaching materials, implementation, data collection, and data analyzer. Data collection techniques with observation, tests and questionnaires. The implementation of the learning process uses an observation sheet, learning outcomes use tests while the interest in learning uses a questionnaire. Learning outcomes are measured using competency indicators, while interest in using indicators of learning interest.

The results of the study indicate that learning utilizes the surrounding environment as a learning resource capable of increasing learning interest. Make an explanation of the increase in obsever seen during the second cycle of learning. Students are able to identify tasks well during field observations. The implementation of the second cycle of learning is more structured, after the results of the discussion on reflection on the first cycle were made improvements. The success of the average value of interest average 82.95 in the first cycle then increased again to 82.95 in the second cycle. Increasing student learning outcomes from an average of 44,464 during preaction increased to 51,58 in the first cycle and experienced an increase in the second cycle of 66,16. Thus it can be concluded that utilizing the surrounding environment as a learning resource can increase the interest and learning outcomes of students of X Social 3 Class IN Senior High School Number 6 Malang

Based on the conclusions above, there are several things as follows:

(1) The success of the research is based on qualitative, when the learning process increases in the second cycle.

(2) Quantitative improvement based on increasing the value of learning interest and student learning outcomes.

(3) It can be concluded that utilizing the surrounding environment as a learning resource can increase the learning interest and learning outcomes of students of X Social 3 Class in Senior High School Number 6 Malang.