SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Teks Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS Terpadu Kelas VII SMP/MTs Terbitan Depdiknas pada Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Gejala Atmosfer dan Hidrosfer Serta Pengaruhnya Bagi Kehidupan.

Wahyu Wardani

Abstrak


ABSTRAK

Wardani, Wahyu. 2010. Analisis Teks Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS Terpadu Kelas VII SMP/MTs Terbitan Depdiknas pada Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Gejala Atmosfer dan Hidrosfer Serta Pengaruhnya Bagi Kehidupan. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd. (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

Kata kunci: Analisis Teks, BSE,  Atmosfer, Hidrosfer.

Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran, terlebih lagi bagi guru yang tidak mampu atau tidak siap membuat bahan ajar sendiri berdasarkan standar kompetensi dalam kurikulum yang berlaku. Buku teks juga perlu mengalami pengembangan baik dari segi kurikuler, isi, maupun bahasa yang digunakan baik berupa analisis bahan ajar maupun validasi bahan ajar.

Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi dengan kurikulum, serta untuk mengetahui tingkat kebenaran konsep dan bahasa yang terdapat dalam buku ajar BSE IPS Terpadu kelas VII. Selain untuk mengetahui ketiga hal tersebut penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perananan penggunaan media untuk menjelaskan suatu konsep. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi dengan menggunakan dokumen sebagai objeknya. Rancangan penelitian menggunakan teknik analisis isi untuk mendiskripsikan secara objektif, sistematis, dan kumunikatif isi komunikasi yang tampak dengan menggunakan separangkat prosedur untuk menarik kesimpulan dari sebuah buku atau dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Buku Sekolah Elektronik IPS Terpadu SMP kelas VII terbitan DIKNAS yang telah beredar. Penentuan sampel menggunakan Purpusive Sampling yaitu dengan pertimbangan bahwa buku ajar tersebut banyak dipakai di SMP Negeri di Kota Malang yaitu BSE yang berjudul ”Mari Belajar IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII”.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa materi atau konsep yang tidak sesuai dengan indikator, kebenaran konsep (konsep terdefinisi dan konsep konkrit) masih rendah, kebenaran bahasa dalam buku ajar BSE IPS Terpadu sedang, dan media yang digunakan dalam buku ajar sudah cukup bagus dan cukup inovatif. 

Dari hasil kesimpulan disarankan apabila menggunakan buku teks yang sudah ada hendaknya ditelaah terlebih dahulu agar kesalahan yang ada dalam buku ajar tersebut tidak disajikan dalam pembelajaran. Lebih bagus apabila dalam mengajar seorang guru mampu membuat bahan ajar sendiri sesuai dengan ketentuan ilmiah yang ada dan sesuai kriteria dalam kurikulum yang berlaku, baik konsep yang ingin disampaikan maupun cara penulisan ketika menyusun buku ajar.