SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Keluarga Di Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang

Yulaichah Yulaichah

Abstrak


Kata Kunci: Faktor, Pengaruh, Kesejahteraan Keluarga

Kesejahteraan keluarga menunjukkan kualitas hidup sebuah keluarga dimana keluarga yang sejahtera memiliki kualitas hidup yang lebih baik daripada keluarga yang tidak sejahtera. Kesejahteraan keluarga juga dilihat berdasarkan faktor sosial ekonomi keluarga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik keluarga, hubungan pendidikan, status perkawinan, pekerjaan, pendapatan dan beban tanggungan dengan kesejahteraan keluarga, dan tingkat kesejahteraan yang ada di Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif karena bertujuan untuk memperoleh gambaran keadaan yang sebenarnya atas pertanyaan yang diajukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional karena bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antar variabel bebas dan variabel terikat. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan tabulasi tunggal, tabulasi silang, dan teknik skoring.

Hasil dari penelitian ini yaitu pendidikan memiliki hubungan yang signifikan dengan kesejahteraan keluarga dimana semakin tinggi pendidikan maka kesejahteraannya akan semakin meningkat. Variabel status perkawinan menunjukkan bahwa seseorang yang menikah lebih sejahtera daripada seseorang yang tidak menikah. Pendapatan memiliki hubungan yang signifikan dengan kesejahteraan keluarga dimana semakin tinggi pendapatan maka kesejahteraannya akan semakin meningkat. Pekerjaan dengan rata – rata pendapatan diatas Rp 1.500.000 lebih sejahtera daripada pekerjaan dengan rata – rata pendapatan dibawah Rp 1.500.000. Beban tanggungan memiliki hubungan yang signifikan dengan kesejahteraan keluarga dimana semakin rendah beban tanggungan responden maka kesejahteraannya akan semakin meningkat. Berdasarkan hasil klasifikasi tingkat kesejahteraan, jumlah keluarga responden yang termasuk dalam kategori Keluarga Prasejahtera sebanyak 42 responden dan keluarga responden yang termasuk dalam kategori Keluarga Sejahtera sebanyak 55 responden.

 

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mayoritas keluarga yang ada di Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang termasuk dalam kategori keluarga Sejahtera. Aspek kesejahteraan yang dominan yaitu dari aspek ekonomi karena semua variabel ekonomi yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh secara signifikan dengan kesejahteraan.