SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi SMAN Tempeh

Wahyudi Agung

Abstrak


ABSTRAK

Wahyudi, Agung. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas XI SMAN Tempeh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Probem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.

Model problem Based Learning (PBL) menggunakan masalah nyata sebagai rangsangan belajar siswa. Model PBL melatih siswa untuk memecahkan masalah dan meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa. Penggunaan model PBL dalam penelitian ini diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup kelas XI IPS SMAN Tempeh. Rumusan pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model PBL terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa materi pelestarian lingkungan hidup. Dengan tujuan dan rumusan masalah tersebut, maka diambil hipotesis bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa geografi.

Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN Tempeh Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan instrumen penelitian berupa 5 butir soal tes esai yang telah disesuaikan indikator pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent t-test dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Uji-t digunakan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa geografi dari data gainscore selisih hasil pra tes dan pasca tes.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan model PBL terhadap hasil belajar geografi. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 7,68 dibanding rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 7,29. Hasil perhitungan uji hipotesis Sig.(2-tailed) diperoleh 0,044 < 0,05. Berdasar hal tersebut, H1 ”model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMAN Tempeh” diterima.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa geografi kelas XI IPS SMAN Tempeh. Beberapa saran yang diberikan antara lain:

1) Bagi guru, model PBL sebaiknya digunakan pada materi yang banyak mengandung masalah seperti pelestarian lingkungan hidup, dinamika kependudukan, pemanfaatan sumberdaya alam,

2) Bagi guru, disarankan menggunakan model PBL sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada kompetensi memecahkan masalah,

 

3) Bagi peneliti lain, perlu menguji model Problem Based Leaning (PBL) terhadap variabel lain serta pada lokasi, jenjang pendidikan, atau materi yang berbeda.