SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Spasial Sebaran Emisi Karbon Dioksida (CO2) Kendaraan Bermotor Pada Ruas Jalan Di Kota Malang.

Fahmi Muhammad Nur

Abstrak


ABSTRAK

 

Fahmi, Muhammad Nur. 2019. Analisis Spasial Sebaran Emisi Karbon Dioksida (CO2) Kendaraan Bermotor Pada Ruas Jalan Di Kota Malang. Skripsi. Program Studi Geografi, Jurusan Geografi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Purwanto, S.Pd., M.Si., (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

Kata Kunci : kendaraan bermotor, vegetasi pohon, emisi karbon dioksida (CO2)

Sektor transportasi dari aktivitas kendaraan bermotor menjadi penyumbang sekitar lebih dari 70% melepaskan emisi karbon CO2 ke udara. Emisi karbon CO2 aktivitas kendaraan bermotor menjadi sumber pencemaran udara terbesar yang mempengaruhi kualitas udara. Kota Malang menempati peringkat ke tujuh dari 15 kota besar di Indonesia dengan pencemaran emisi karbon CO2 terbesar. Estimasi kemampuan daya serap vegetasi pohon merupakan sebuah upaya untuk mengenali potensi jalur hijau ruas jalan. Sebaran emisi karbon CO2 digunakan untuk tolak ukur distribusi analisis spasial pencemaran udara.

Analisis sebaran emisi karbon CO2 didukung data lapangan berupa jumlah emisi karbon CO2 kendaraan bermotor dan kemampuan daya serap vegetasi pohon terhadap emisi karbon CO2. Perencaanaan ini, yaitu mendata jumlah kendaraan dengan metode counting pada jam puncak yaitu pukul 06.00-08.00, 11.00-13.00, 16.00-18.00, sebagai waktu pengambilan data. Rekapitulasi jumlah dan jenis vegetasi pohon jalur hijau sebagai acuan digitasi luasan tajuk pohon melalui citra satelit google earth tahun 2018. Estimasi sisa emisi merupakan analisis menggunakan perhitungan matematis dari penjumlahan emisi karbon CO2 kendaraan bermotor dengan kemampuan daya serap vegetasi pohon.

Secara keseluruhan, total emisi karbon CO2 kendaraan bermotor sebesar 32.594.844,05 ton/tahun dan daya serap vegetasi pohon sebesar 4.033.496, 86 ton/tahun. Estimasi sisa emisi karbon CO2 yang hasilkan sebesar 28.566.347,18 ton/tahun. Rata-rata kemampuan daya serap vegetasi pohon di jalur hijau sekitar 3-20% dari total emisi karbon CO2. Keberadaan vegetasi pohon jalur hijau belum efektif dan maksimal dalam mereduksi besarnya emisi karbon CO2 kendaraan bermotor. Terdapat 5 kelas klasifikasi sebaran emisi karbon CO2, dengan ruas Jalan Sudanco Supriyadi-Kepuh-Kebonsari yang melebihi ketentuan ambang batas aman emisi karbon CO2.

 

ABSTRACT

Fahmi, Muhammad Nur. 2019. The Spatial Analysis of Carbon Dioxide (CO2) Emissions Distribution of The Motor Vehicles On Malang City’s Street . Essay. Departement of Geography, Faculty of Social Science, State University of Malang. Advisor (I) Purwanto, S.Pd., M.Si., (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

 

Keywords : motor vehicles, tree vegetation, carbon dioxide (CO2)

The transportation sector from motor vehicle activities contributes around more than 70% to release carbon dioxide (CO2) emissions into the air. Carbon dioxide (CO2) emissions from motor vehicle activities are the biggest source of air pollution that affects air quality. Malang city is ranked seventh out of 15 major cities in Indonesia with the largest pollutions carbon dioxide (CO2) emissions. The ability to estimations the vegetation trees absorbent is an attempt to recognize the potential of green lane streets. The distribution of carbon dioxide (CO2) emissions is used to measure the distribution of air pollution spatial analysis.

Analysis of the distribution carbon dioxide (CO2)  emissions supported by field data in amount carbon dioxide (CO2) emissions of motor vehicles and the ability absorb tree vegetation to carbon dioxide emissions. This planning, is enlist the total of vehicles with counting method at the rush hour, is 06.00-08.00, 11.00-13.00, 16.00-18.00, as the time of data collection. Recapitulation of the total and types green tree vegetation as digitized references for tree canopy through google earth satellite imagery in 2018. Estimated emissions is analyses which used the mathematics calculated from the total of carbon dioxcide CO2 emissions motor vehicles with the ability of vegetation tress absorbent.

 

Overall, the total carbon dioxide emissions (CO2) motor vehicles amounted to 32,594,844.05 tons/year and the absorption  tree vegetation to 4,033,496, 86 tons/year. So that the estimated remaining carbon dioxide (CO2)  emissions will be 28,566,347.18 tons/year. The average absorption capacity of tree vegetation in the green lane is around 3-20% of total carbon dioxide emissions (CO2). The existence of green tree vegetation has not been effective and maximized in reducing the magnitude of carbon dioxide emissions motor vehicles. There are 5 classes of classification of the distribution of carbon dioxide emissions, with the streets of Sudanco Supriyadi - Kepuh - Kebonsari which exceed the safety threshold of carbon dioxide emissions (CO2).