SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Informasi Potensi Desa Wisata di Kecamatan Bumiaji, Kota batu

Fernando Nicho Andreas

Abstrak


RINGKASAN

Fernando, Nicho Andreas. 2019. Sistem Informasi Potensi Desa Wisata di Kecamatan Bumiaji, Kota batu. Skripsi, Program Studi Ilmu Geografi, Jurusan Gografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Potensi Desa Wisata, Desa Wisata

Kota Batu merupakan salah satu wilayah dengan daya tarik wisata yang cukup kuat.  Kota Batu gencar melakukan upaya pengembangan wisata  terutama di dalam sektor wisata alam yang dikombinasikan dengan wisata buatan. Dalam perkembangan promosi dan pengelolaan desa wisata di Kecamatan Bumiaji Kota Batu terkesan kurang terkelola dengan baik. Bahkan ada beberapa desa yang sebenarnya memiliki potensi unggulan yang menarik, namun karena kurang adanya promosi akhirnya perencanaan desa wisata yang telah dilakukan terbengkalai begitu saja.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi objek wisata desa wisata di Kecamatan Bumiaji kemudian menganalisa sebaran potensi objek wisata di Kecamatan Bumiaji dan terakhir menyajikannya dalam Sistem Informasi Geografi.

Penelitian ini merupakan deskriptif  kuantitatif  dan kualitatif dengan metode survei. Pada dasarnya penelitian survei bertujuan untuk menggambarkan persebaran objek yang akan dikaji atau diteliti. Penelitian ini dirancang untuk memperoleh gambaran dari masing-masing potensi desa wisata di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Masing-masing potensi desa wisata selanjutnya akan dikelompokkan menjadi tiga kategori. Kategori tersebut adalah

1) Kategori Berpotensi Sangat Kuat,

2) Kategori Berpotensi Kuat, dan

3) Kategori Berpotensi Lemah. Analisis deskriptif dilakukan setelah semua objek wisata sejarah teridentifikasi.Penyajian dalam bentuk sistem informmasi dilakukan berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis yang telah dilakukan.

 

Hasil identifikasi dan inventaris potensi 9 Desa Wisata di Kecamatan Bumiaji diperoleh 33 objek wisata baik wisata yang telah dikelola, masih dalam rencana pengelolaan pemerintah desa setempat, maupun yang belum dilakukan inventarisasi. 33 objek tersebut terdapat beberapa objek wisata yang dijadikaan wisata unggulan pada masing-masing desa. Berdasarkan hasil analisa terhadap potensi Desa wisata di Kecamatan Bumiaji, diketahui bahwa desa memiliki skor tertinggi adalah Desa Bulukerto sebesar 123. Sedangkan yang memiliki skor terendah adalah Desa Giripurno sebesar 93. Berdasarkan sebaran potensi desa wisata, terdapat 7 desa yang memiliki potensi sangat kuat dengan keunggulan masing-masing. Hanya 2 desa yang memiliki potensi kuat, sedangkan tidak terdapat desa yang memiliki potensi lemah. Arah pengembangan desa wisata yang berada di Kecamatan Bumiaji secara garis besar harus berbasis masyarakat dan disertakan pula  atraksi-atraksi budaya lokal, baik kehidupan sehari-hari masyarakat desa setempat maupun atraksi lainnya. Berdasarkan tipologi desa wisata, hampir seluruh desa di Kecamatan Bumiaji memiliki tipologi desa wisata Terbuka, sedangkan hanya 1 desa yang memiliki tipologi terstruktur yakni Desa Punten.