SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATAN CITRA WORLDVIEW-2 DAN SIG UNTUK PEMETAAN KAJIAN KUALITAS PERMUKIMAN DI KECAMATAN BATU KOTA BATU

Dedi Kurniawan

Abstrak


Kurniawan, Dedi. 2019. Pemanfaatan Citra Worldview-2 dan SIG Untuk Pemetaan Kajian Kualitas Permukiman di Kecamatan Batu, Kota Batu. Skripsi, Program Studi Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Rudi Hartono, M.Si, (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Citra Worldview-2, Kualitas Permukiman, Kecamatan Batu

 

Pemanfaatan citra worldview-2 salah satunya untuk pemetaan kajian kualitas permukiman. Kecamatan Batu memiliki luas wilayah 4.545,81 Ha, luas permukiman di Kecamatan Batu sekitar 810,5 Ha atau 17,8 % dari luas Kecamatan Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas permukiman di Kecamatan Batu dengan menggunakan citra satelit worldview-2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menjelaskan data-data dari hasil penelitian yang telah diperoleh dan digunakan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan analisis spasial.

Teknik pengumpulan data diperoleh melalui survey lapangan dengan cara observasi, kuisioner dan wawancara narasumber. Data sekunder citra satelit worldview-2, citra satelit alos palsar, data kejadian bencana dan data penduduk. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan metode pembobotan, skoring dan penyajian data berupa tabel. Survey yang dilakukan meliputi observasi lapangan sarana, prasarana, kuisioner, wawancara narasumber, kependudukan, kondisi sosial, ekonomi dan budaya. Pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 16 RW dari total jumlah ada 96 RW.

Hasil penelitian yang didapatkan bahwa di Kecamatan Batu 100 % memiliki kualitas baik. Sedangkan kondisi permukiman kumuh ringan sebesar 87,5 % dan 12,5 % lainnya termasuk kondisi permukiman kumuh sedang. Oleh karena itu, kualitas permukiman di Kecamatan Batu termasuk kedalam kriteria baik atau layak untuk permukiman. Pemahaman tentang permukiman dan peran serta masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan di permukiman sudah cukup baik.