SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Geografi Siswa X IPS 1 SMAN 1 Sampang

Hardiyati Kartika

Abstrak


Hardiyati, Kartika. 2019. Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Geografi Siswa  X Ips 1 Sman 1 Sampang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Pd, (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si

Kata Kunci: Minat Belajar Geografi, Pemahaman Konsep, Model Group Investigation

Minat belajar dan pemahaman konsep merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang tinggi, keberadaan minat dan pemahaman konsep yang tinggi dalam diri setiap siswa sangat diperlukan. Hasil observasi dan wawancara terhadap siswa kelas X IPS 1, minat belajar geografi sebelum adanya penerapan model pembelajaran Group Investigation siswa cukup rendah. Sementara hal lain yang ditemukan dari hasil observasi mengenai pemahaman konsep siswa yang juga cukup rendah dibuktikan dengan sebanyak 56% siswa yang memperoleh nilai dibawah rata-rata KKM (75). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sampang pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya bagi kehidupan dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat dua siklus, dengan masing-masing  siklus secara garis besar terdapat empat tahapan dalam dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu:

1) perencanaan,

2) pelaksanaan,

3) pengamatan, dan

4) refleksi.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sampang, dengan jumlah siswa 25. Siswa laki-laki sebanyak 10 dan siswa perempuan 15

 

Model pembelajaran Group Investigation terbukti mampu meningkatkan minat belajar geografi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model GI rata-rata skor minat belajar siswa pada saat pratindakan sebesar 58, pada saat siklus I sebesar 62 dan pada sisklus II yakni sebesar 66. Mengacu pada data tersebut terbukti bahwa terdapat peningkatan minat belajar geografi setelah adanya tindakan atau setelah diterapkannnya model Group Investigation. Hal ini juga terjadi pada variabel pemahaman konsep geografi siswa yang mengalami peningkatan dalam setiap tindakan baik siklus I maupun siklus II. Peningkatan pemahaman konsep disebabkan oleh adanya penggunaan model pembelajaran Group Investigation pada saat proses belajar. Rata-rata hasil test pemahaman konsep pada saat pratindakan sebesar 69,8, pada saat siklus I sebesar 82,92 dan siklus II sebesar 88,12. Berdasarkan data tersebut membuktikan bahwa pemahaman konsep geografi siswa kelas X IPS 1 meningkat selama terdapat perlakuan.