SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Google Maps untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Kelas X Bahasa di SMA Negeri 1 Turen

Herni .

Abstrak


RINGKASAN

Herni. 2019. Pemanfaatan Google Maps untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Bahasa di SMA Negeri 1 Turen. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ardyanto Tanjung, SPd, M.Pd., (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

Kata kunci: Google Maps, aktivitas belajar, hasil belajar

Siswa kelas X Bahasa di SMA Negeri 1 Turen diketahui memiliki aktivitas dan hasil belajar geografi yang rendah. Rendahnya aktivitas ditunjukkan dengan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran geografi. Siswa banyak yang tidak memperhatikan guru pada saat pembelajaran geografi. Kepasifan siswa juga menandakan rendahnya aktivitas belajar. Kepuasan terhadap hasil belajar siswa juga mempengaruhi aktivitas belajar. Sedangkan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa didasarkan data nilai akhir semester ganjil. Data nilai akhir siswa menunjukkan rata-rata nilai sebesar 74,74. Hal tersebut belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan (KKM) yaitu sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan memanfaatkan Google Maps sebagai media belajar di kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Turen. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk siklus yang diawali perencanaan, kemudian pelaksanaan tindakan, observasi, dan yang terakhir refleksi. Jika pada siklus pertama penelitian belum berhasil, maka dilakukan siklus 2 dan seterusnya. Subjek penelitian ini adalah kelas X Bahasa dengan jumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar dan soal esai sebanyak 5 butir untuk mengukur hasil belajar. Analisis aktivitas belajar dilakukan dengan cara membandingkan skor yang diperoleh pada masing-masing tindakan. Analisis hasil belajar dilakukan dengan cara membandingkan nilai rata-rata pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Maps sebagai media belajar bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Bahasa di SMA Negeri 1 Turen pada materi Dinamika Lithosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada pra tindakan 36,54, pada siklus I meningkat 25,93 (70,95%) menjadi 62,47, pada siklus II meningkat 7,24 (11,59%) menjadi 69,71, pada siklus III meningkat 8,74 (12,54%) menjadi 78,46. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 74,74, pada siklus I meningkat 2,55 (3,41%) menjadi 77,29, pada siklus II meningkat 3,56 (4,61%) menjadi 80,86, pada siklus III meningkat 0,17 (0,21%) menjadi 81,03.    

SUMMARY

Herni. 2019. Utilization of Google Maps to Improve Activities and Geographical Learning Outcomes of the Class Students of X Language in SMA Negeri 1 Turen. Thesis, Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Malang. Advisor: (I) Ardyanto Tanjung, SPd, M.Pd.,  (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

Keywords: Google Maps, learning activities, learning outcomes

Students of class X Language in SMA Negeri 1 Turen are known to have low geography activity and learning outcomes. The low activity is indicated by the lack of enthusiasm of students in participating in geography learning. Many students do not pay attention to the teacher during geography learning. Student passivity also indicates low learning activities. Satisfaction with student learning outcomes also affects learning activities. While the problem of the low student learning outcomes is based on the odd semester final grade data. The final grade data of students showed an average score of 74.74. This does not meet the completeness criteria (KKM), which is equal to 75. This study aims to determine the improve activity and learning outcomes by utilizing Google Maps in the X language class of SMA Negeri 1 Turen. The design of this study is Classroom Action Research (CAR). The steps in this study are carried out in the form of a cycle that begins with planning, then the implementation of actions, observations, and the last reflection. If in the first cycle the research has not been successful, then cycle 2 is carried out and so on. The subject of this study was the X Language class with 35 students. This study uses an observation sheet instrument to measure learning activities and essay questions as much as 5 items to measure learning outcomes. Analysis of learning activities by comparing scores obtained in each action. Analysis of learning outcomes by comparing average values in each cycle. The results of the study show that Google Maps as a learning medium can improve the activity and learning outcomes of X Language class students at SMA 1 Turen in the material of Lithosphere Dynamics and Its Impact on Life. The average score of student learning activities in the pre-action was 36.54, in the first cycle it increased 25.93 (70.95%) to 62.47, in the second cycle it increased 7.24 (11.59%) to 69.71, in the third cycle it increased 8.74 (12.54%) to 78.46. The average value of student learning outcomes in the pre-action was 74.74, in the first cycle it increased 2.55 (3.41%) to 77.29, in the second cycle it increased 3.56 (4.61%) to 80.86, in the third cycle it increased 0.17 (0.21%) to 81.03.