SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DILENGKAPI LKS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 1 SRONO BANYUWANGI

Novia Meda Triyana

Abstrak


RINGKASAN

Novia, Meda Triyana. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning dilengkapi LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMAN 1 Srono Banyuwangi. Skripsi, Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

Kata Kunci: model discovery learning dilengkapi LKS, kemampuan berpikir analitis

Model discovery learning memiliki kelebihan dalam mengembangkan kemampuan kognitif siswa. Pemilihan model discovery learning dilengkapi LKS berdasarkan beberapa alasan, antara lain:

1) model ini sejalan dengan pembelajaran di Kurikulum 2013 yang menekankan pada aktivitas siswa;

2) kegiatan pemecahan masalah dikaitkan dengan fenomena yang ada di lingkungan sekitar; dan

3) model ini mendorong siswa bekerja sama dengan temannya untuk menemukan pengetahuannya sendiri. Siswa dilatih melakukan penelitian dan penyelidikan di lapangan sesuai petunjuk dalam LKS, sehingga siswa tidak hanya terampil dalam memecahkan masalah berdasarkan fakta, namun juga dapat mengasah kemampuan berpikir analitis mereka selama proses mengumpulkan data di lapangan. Proses pemecahan masalah di lapangan secara berkelompok akan membantu siswa dalam menemukan pengetahuan baru terkait materi yang tidak mereka dapatkan secara utuh dari guru. Dengan demikian, siswa akan berusaha mengeksplorasi dirinya dan melatih kemampuan kerjasama dengan temannya untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model discovery learning dilengkapi LKS terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI di SMAN 1 Srono Banyuwangi. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan pretest - posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen, dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal objektif berjumlah 8 butir, dan soal esai berjumlah 3 butir yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas pada kelas lain yang tidak menjadi subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode statistik dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows, yang digunakan juga untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dilengkapi LKS berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yaitu 20,9 untuk kelas eksperimen, dan 12,4 untuk kelas kontrol. Nilai ini memperlihatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol setelah diberi perlakuan yang berbeda. Pada uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) diperoleh hasil 0,000 < 0,05 , yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Penjelasan di atas membuktikan bahwa model discovery learning dilengkapi LKS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI di SMAN 1 Srono Banyuwangi.

 

SUMMARY

Novia, Meda Triyana. 2019. The Influence of Discovery Learning Model Equipped with Students Worksheet to Analytical Thinking Ability of Students in Geography Subjects XI grade at SMAN 1 Srono Banyuwangi. Thesis. Geography Department, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang. Supervisor: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si , (2) Drs. Hendri Purwito M.Si

Keywords: discovery learning equipped with students worksheet, analytical thinking ability

Discovery learning model has advantages in developing student’s cognitive abilities. Selection of discovery learning model equipped with students worksheet based on several reasons including:

1) this model is in line with implementation of Curiculum 2013 which emphasizes student activities;

2) problem solving activities are associated with phenomena that exist in the surrounding environment; and

3) models encourage students to cooperate with friends to find their knowledge own. Students are trained to conduct research and investigations in the field according to the instructions in the students worksheet, so students are not only skilled in solving problems based on the facts, but also can hone their analytical thinking skilss during collecting data’s process in the field. Problem solving process in the field in groups will help students to find new knowledge related to material that they didn’t get in full from the teacher.Therefore, students will try to explore themselves and trained their ability to cooperate with friends to solve existing problems.

This study aims to determine the effect of discovery learning model equipped with students worksheet to analytical thinking ability of students XI grade at SMAN 1 Srono Banyuwangi. This research method is a quasi experimental using pretest posttest control group design. The subject of this study was XI IPS 1 as the experimental class and XI IPS 2 as the control class. The research instruments using 8 items objective questions and 3 items essay questions that have gone through the validity test and reliability test in other classes that aren’t the subject of research. Data analysis techniques use statistical methods with SPSS 22.0 for Windows program, which is also used to perform normality test, homogeneity test, and hypothesis testing with independent sample t-test.

The result of the study indicate that the application of discovery learning model equipped with students worksheet has a significant effect on the analitycal thinking ability of students. This is evidenced by the average value of gain score experimental class greater than the control class, namely 20,9 for the experimental class and 12,4 for the control class. This value showed the analytical thinking ability students of the experimental class is better than the control class after being given different treatments. On hypothesis test with sig. value (2-tailed) the result obtained 0,000 < 0,05 , which means H1 is accepted and H0 is rejected. This explanation above proved that the discovery learning model equipped with students worksheet affect the analytical thinking ability of students XI grade at SMAN 1 Srono Banyuwangi.