SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMAN Taruna Nala Jawa Timur

Mala Maulida Nuril

Abstrak


ABSTRAK

Mala, Maulida Nuril 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Berpikir Analitis Siswa Kelas X SMAN Taruna Nala Jawa Timur Ditinjau Dari Motivasi Belajarnya. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (2) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Analitis, Motivasi Belajar

Abstrak: Pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis. Kemampuan berpikir analitis dapat diperoleh melalui model Inkuiri Terbimbing. Melalui kegiatan pembelajaran inkuiri terbimbing siswa akan terlibat aktif secara langsung. Keaktifan siswa dapat terlihat dalam kegiatan diskusi maupun saat pembelajaran. Siswa yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran akan menemukan konsep pengetahuanya sendiri. Keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran akan memberikan kemampuan nyata. Pada proses pembelajaran juga menuntut siswa untuk berkolaborasi. Melalui kolaborasi antar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitisnya melalui kegiatan diskusi kelompok. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X SMAN Taruna Nala Jawa Timur ditinjau dari motivasi belajarnya.

Rancangan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan subjek kelas X SMAN Taruna Nala Jawa timur yang setiap kelasnya berjumlah 28. Setiap kelas kontrol maupun eksperimen memiliki kemampuan yang sama. Penelitian ini menggunakan instrumen soal essai sebanyak 4 butir soal serta angket motivasi belajar yang berisi 20 butir pertanyaan. Perhitungan kemampuan berpikir analitis siswa menggunakan rancangan faktorial 2x3. Teknik analisis data menggunakan SPSS 2.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji f (analysis of varians).

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa pada kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing memiliki nilai rata-rata (85) lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model inkuiri terbimbing (79). Selain itu hasil nilai signifikansi menunjukkan 0,01 ≤ 0,05 maka hal tersebut menunjukkan H0 ditolak. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap berpikir analitis siswa. selain model inkuiri terbimbing ditinjau dari motivasi belajar siswa juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil taraf signifikansi yaitu 0,04 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa model inkuiri terbimbing ditinjau dari motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X SMAN Taruna Nala Jawa Timur.