SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Bepikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMAN 8 Malang

Nafi'ah Siti Umi

Abstrak


RINGKASAN

Nafi’ah, Siti Umi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Bepikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMAN 8 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Keterampilan Berpikir Kreatif

Group Investigation (GI) merupakan model pembelajaran kooperatif yang memiliki keunggulan dalam memperbaiki performasi pembelajaran dan hasilnya. Pembelajaran Geografi dengan mempertimbangkan keterampilan berpikir kreatif belum berjalan optimal karena kurangnya latihan berpikir kreatif dan dasar-dasar berpikir kreatif belum dikuasai dengan baik oleh siswa. Berpikir kreatif diperlukan agar siswa dapat mengemukakan banyak ide atau gagasan dan mampu memikirkan cara yang berbeda-beda untuk menyelesaikan masalah. Model pembelajaran Group Investigation (GI) menjadikan siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga terbukti berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, analitis dan spasial. Namun pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kreatif belum diketahui.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini termasuk Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 8 Malang kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal essai yang berjumlah empat butir soal yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Uji prasyarat terdiri uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample T-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan model pembelajaran GI berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa Kelas XI SMAN 8 Malang karena dalam model pembelajaran tersebut mengharuskan siswa menyusun pertanyaan-pertanyaan baru dan menggali informasi lebih mendalam, sehingga siswa dapat membentuk pengetahuannya sendiri. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai Gain Score kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu 13,5 untuk kelompok eksperimen dan 9,1 untuk kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis melalui analisis T-Test dengan perhitungan aplikasi SPSS 16.0 for Windows adalah 0,04. Jadi, model pembelajaran GI berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI SMAN 8 Malang.

 

Berdasarkan temuan penelitian, diajukan dua saran. Pertama, disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran GI pada materi permasalahan yang diakibatkan oleh dinamika kependudukan karena sesuai dengan kegiatan yang dilaksankan. Kedua, saran untuk peneliti selanjutnya agar mengembangkan hasil penelitian dengan menggunakan variabel yang berbeda.