SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Minat Siswa Program Lintas Minat Geografi dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri di Kota Malang

Hidayat Ristania Fidyani

Abstrak


RINGKASAN

Hidayat, Ristania Fidyani. 2019. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Minat Siswa Program Lintas Minat Geografi dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakutas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si.,(II) Dr. Satti Wagistina, S.P., M.Si.

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Minat Siswa, Hasil Belajar Geografi, Lintas Minat Geografi

Lintas minat merupakan program yang membuat siswa dapat memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan kemampuan siswa diluar mata pelajaran peminatan siswa. Pemilihan mata pelajaran pada program lintas minat didasari oleh minat dan kebutuhan siswa akan mata pelajaran tersebut. Tujuan dari diadakan program lintas minat untuk memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan kompetensi yang dimiliki sesuai minat, bakat, dan kemampuan akademik diluar kelas peminatan yang sudah dipilih oleh siswa. Realita pelaksanaan program lintas minat di sekolah ternyata tidak sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh pemerintah. Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh siswa dalam program lintas minat tidak sesuai dengan pilihan siswa, melainkan sudah ditetapkan oleh pihak sekolah seperti program peminatan.

Penelitian ini bertujuan untuk

(1) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa program lintas minat SMA Negeri di Kota Malang;

(2) mengetahui hubungan minat siswa dengan hasil belajar geografi siswa program lintas minat SMA Negeri di Kota Malang;

(3) mengetahui hubungan motivasi belajar dan minat siswa dengan hasil belajar geografi siswa program lintas minat SMA Negeri di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data meliputi teknik angket dan dokumentasi. Skala pengukuran untuk mengetahui motivasi belajar dan minat siswa menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi ranking spearman dan uji koefisien kontingensi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di SMA Negeri di Kota Malang yang mengikuti program lintas minat geografi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Stratified Random Sampling.

Hasil dari penelitian menunjukan:

(1) didapat nilai korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar -0,005, dan thitung -0,081 ≤ 1,97, maka hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa program lintas minat SMA Negeri di Kota Malang tidak signifikan;

(2) didapat nilai korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar sebesar 0,031, dan thitung 0,505 ≤ 1,97, maka hubungan antara minat siswa dengan hasil belajar siswa program lintas minat geografi SMA Negeri di Kota Malang tidak signifikan; (3) didapat nilai x2hitung = 13,71 ≥ 0,113, maka hubungan antara motivasi belajar dan minat siswa dengan hasil belajar geografi siswa program lintas minat SMA Negeri di Kota Malang adalah signifikan.

 

SUMMARY

Hidayat, Ristania Fidyani. 2019. The Connection Between Learning Motivation and Preference of Cross-Major Program Student Against Learning Results in Geography of Public High School Students in Malang City. Undergraduate thesis, Geography Department, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang. Supervisor: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si., (II) Dr. Satti Wagistina, S.P., M.Si.

 

Keyword: Learning Motivation, Students Preferences, Geography Learning Result, Cross-Major Courses Program.

Cross-major is a program for a student to choose subjects according to their preference and capability other than student’s elective subject. The subject selection on the cross-major program was based on student’s preference and capability in the selected subject. The intention of cross-major program is to give student a chance to develop the competence according to their preference, talent, and academic capability beyond their major subjects. In reality, cross-major implementation in school does not meet government’s expectation. The elective subjects, in which student attended, in cross-major program does not match with student’s selection.

This research is conducted to

(1) know the connection between learning motivation with learning result in geography of cross-major program students in public high school in Malang;

(2) to know the relationship between student’s preference with learning results in geography of cross-major students of public high school in Malang;

(3) to know the relationship between learning motivation and preference with learning result in geography of cross-major students of public high school in Malang. This research is using quantitative approach with descriptive analysis. The method for the research is survey method. Data collection method includes questionnaire and documentation. The measurement scale to know the learning motivation and student’s preference is using likert scale. Data analysis method is using Spearman’s ranking correlation test and coefficient contingency test. The population in this research is all of the students in public high school in Malang of whom take the cross-major program. Sample collection method in this research is by using Stratified Random Sampling technique.

Result of this research shows:

(1) the obtained correlation value between learning motivation with learning results is -0,005, and thitung -0,081 ≤ 1,97, then the relationship between learning motivation with learning results in geography of cross-major students in Malang’s public high school is not significant;

(2) the obtained correlation value between student’s learning preferences with learning result is 0,031, and thitung 0,505 ≤ 1,97, then the relationship between student’s learning preferences with learning result in geography of cross-major students in Malang’s public high school is not significant;

 

(3) the obtained value x2hitung = 13,71 ≥ 0,113, then the relationship between learning motivation and preferences with learning result in geography of cross-major students in Malang’s public high school is significant.