SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas XI pada Materi Mitigasi Bencana di SMA Widyagama

Arum Mega Setya

Abstrak


ABSTRAK

Budiharto, Arum Mega Setya, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas XI pada Materi Mitigasi Bencana di SMA Widyagama. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc, Ph.D.

 

Kata Kunci:  Model Problem Based Instruction (PBI), Hasil Belajar.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan , diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Widyagama pada mata pelajaran Geografi masih rendah. Data pratindakan menunjukkan bahwa hanya ada 5 siswa yang tuntas dalam materi Geografi. Rendahnya nilai siswa disimpulkan karena tidak maksimalnya model pembelajaran dan tidak adanya pemanfaatan fasilitas di kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran Geografi di SMA Widyagama Malang. Penelitian ini merupakan tindakan kelas dengan dua siklus dan 2 kali pertemuan untuk setiap siklusnya, yang terdiri dari 4 tahaan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa ranah kognitif yang berasal dari post test. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Widyagama setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) pada mata pelajaran geografi  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Widyagama. Pada siklus I nilai rata-rata post test adalah 78.37 dengan presentase ketuntasan 56.25% 7 siswa yang tuntas dan 15 siswa tidak tuntas dengan kriteria kurang, pada siklus II nilai rata-rata post test adalah 84.10 dengan presentase ketuntasan sebesar 81.81% yaitu 16 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas dengan kriteria baik. Saran bagi guru mata pelajaran Geografi dianjurkan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI). Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengaplikasikan model pembelajaran ini untuk materi geografi yang lainnya.