SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Geografi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Nasional Malang

MISBAHUL ULUM

Abstrak


Model Project Based Learning dipilih untuk dieksperimenkan karena beberapa alasan. Alasan tersebut terdiri dari:

(1) model Project Based Learning sesuai dengan Kurikulum 2013,

(2) model Project Based Learning membuat peserta didik lebih aktif dan

(3) model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMA Nasional Malang.

Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain postest only control grup. Penelitan ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model Project Based Learning dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model tersebut. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS SMA Nasional Malang. Pemilihan subjek penelitian karena kedua kelas memiliki rata-rata nilai yang hampir sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal esai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Uji coba instrumen menggunakan menggunakan validitas dan reliabillitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda statistic parametrik meliputi uji t dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada kelas yang menggunakan model Project Based Learning memiliki nilai rata-rata lebih tinggi (82,80) dari kelas yang tidak menggunakan model Project Based Learning (70,63). Hasil perhitungan uji t mendapatkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak. Hal tersebut berarti model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS di Sma Nasional Malang.

 

Berdasarkan hasil dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Nasional Malang. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka saran yang dapat diberikan yaitu: bagi guru, disarankan untuk menggunakan model Project Based Learning pada mata pelajaran geografi. Bagi pihak sekolah, dapat memberikan kesempatan eksperimen model-model kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik. Bagi peneliti lanjut dapat melakukan penelitian model Project Based Learning dengan materi pembelajaran yang berbeda.