SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendekatan Saintifik Dilengkapi UKBM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X IPS 5 SMA Negeri 7 Malang.

Rizatul Khulaifa

Abstrak


Kemampuan berpikir analitis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa. Siswa dengan kemampuan berfikir analitis akan lebih memahami dan menyerap inti pelajaran tanpa harus menghafal. Namun,faktanya permasalahan rendahnya berfikir analitis masih terjadi yakni di SMA Negeri 7 Malang, dikarenakan pembelajaran yang diterapkan cenderung pembelajaran satu arah. Guru sering menggunakan metode ceramah, sehingga guru mendominasi dalam pembelajaran, dengan model tersebut maka ketika guru mengajukan pertanyaan kognitif C4 siswa menjawab dengan jawaban C1 dan C2, kebiasaan menghafal siswa dalam mempelajari konsep, pendekatan dan fenomena-fenomena geografi akan menghadirkan kemampuan yang bersifat mudah terlupakan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  berpikir analitis pada mata pelajaran geografi siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 7 Malang dengan Pendekatan Saintifik dilengkapi UKBM.Penelitian ini menggunakan racangan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan, demikian pula dengan siklus II.  Subjek penelitian siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 7 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa dengan rincian: 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Data aktivitas siswa diperoleh dari Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa, sedangkan data kemampuan berpikir analitis siswa diperoleh melalui tes siklus I dan Siklus II.

 

Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I menunjukkan 64,5% siswa memiliki kemampuan berpikir analitis dengan nilai rata-rata 70,9. Pada siklus II diperoleh hasil sebanyak 75.7% dengan nilai rata-rata 80,9. Berdasarkan hasil kedua siklus tersebut, maka telah diperoleh peningkatan sebanyak 8% dan peningkatan nilai rata-rata sebanyak 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Pendekatan Saintifik dilengkapi UKBM mampu mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 7 malang. Peningkatan kemampuan berpikir analitis dalam mata pelajaran geografi terjadi karena Pendekatan Saintifik yang telah diterapkan mampu membimbing siswa mengembangkan kemapuan berpikir analitis.