Penerapan Pembelajaran Kerja Kelompok dengan Menggunakan Media Foto untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di SMAN 1 Sampang.
Dwi Putra Deddy
Abstrak
ABSTRAK
Hidayat, Dwi Putra Deddy. 2010. Penerapan Pembelajaran Kerja Kelompok
dengan Menggunakan Media Foto untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di SMAN 1 Sampang. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Achmad Fatchan, M.Pd. M.P (II) Dr.
Sugeng Utaya, M.Si
Kata kunci: Kerja Kelompok, Media foto, Hasil belajar.
Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran Geografi yang
dilakukan oleh guru mata pelajaran kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Sampang
adalah ceramah, penugasan, dan diskusi. Pada pengamatan tersebut ditemukan
berbagai permasalahan, yaitu: (1) siswa kurang tertarik pada pembelajaran, (2)
siswa masih kurang berani bertanya kepada guru, (3) siswa mengalami kesulitan
dalam memahami materi pelajaran, (4) guru mengajar tanpa dilengkapi media
pembelajaran khususnya media foto. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa
dengan ketuntasan sebesar 55% dan rata-rata kelasnya sebesar 70.68. Jumlah
ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk
mata pelajaran Geografi sebesar > 75. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan
suatu strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan senang
terhadap pembelajaran. Penerapan pembelajaran geografi kerja kelompok dengan
menggunakan media foto salah satu pembelajaran yang dapat digunakan supaya
siswa tertarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil
belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kerja kelompok dengan
menggunakan media foto. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Desember 2009 – Januari
2010. Subjek penelitian siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian
ini dilakukan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data melalui tes dan data
dianalisis dengan menggunakan tabel persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata
hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 70.68 pada siklus 1 meningkat
menjadi 74.70 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80.51. Ketuntasan belajar
juga mengalami peningkatan yaitu pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar
55%, siklus 1 sebesar 70%, dan pada siklus 2 menjadi 90%.
Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kerja kelompok dengan
menggunakan media foto dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan yang
diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kerja kelompok dengan
menggunakan media foto dalam pembelajaran dapat: (a) meningkatkan hasil
belajar, (b) menarik perhatian siswa, (c) memudahkan siswa untuk memahami
materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, (d) membangkitkan semangat
belajar siswa sehingga mereka lebih tertarik untuk giat belajar supaya
memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Hidayat, Dwi Putra Deddy. 2010. Penerapan Pembelajaran Kerja Kelompok
dengan Menggunakan Media Foto untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di SMAN 1 Sampang. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Achmad Fatchan, M.Pd. M.P (II) Dr.
Sugeng Utaya, M.Si
Kata kunci: Kerja Kelompok, Media foto, Hasil belajar.
Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran Geografi yang
dilakukan oleh guru mata pelajaran kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Sampang
adalah ceramah, penugasan, dan diskusi. Pada pengamatan tersebut ditemukan
berbagai permasalahan, yaitu: (1) siswa kurang tertarik pada pembelajaran, (2)
siswa masih kurang berani bertanya kepada guru, (3) siswa mengalami kesulitan
dalam memahami materi pelajaran, (4) guru mengajar tanpa dilengkapi media
pembelajaran khususnya media foto. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa
dengan ketuntasan sebesar 55% dan rata-rata kelasnya sebesar 70.68. Jumlah
ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk
mata pelajaran Geografi sebesar > 75. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan
suatu strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dan senang
terhadap pembelajaran. Penerapan pembelajaran geografi kerja kelompok dengan
menggunakan media foto salah satu pembelajaran yang dapat digunakan supaya
siswa tertarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil
belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kerja kelompok dengan
menggunakan media foto. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Desember 2009 – Januari
2010. Subjek penelitian siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian
ini dilakukan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data melalui tes dan data
dianalisis dengan menggunakan tabel persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata
hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 70.68 pada siklus 1 meningkat
menjadi 74.70 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80.51. Ketuntasan belajar
juga mengalami peningkatan yaitu pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar
55%, siklus 1 sebesar 70%, dan pada siklus 2 menjadi 90%.
Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kerja kelompok dengan
menggunakan media foto dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan yang
diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kerja kelompok dengan
menggunakan media foto dalam pembelajaran dapat: (a) meningkatkan hasil
belajar, (b) menarik perhatian siswa, (c) memudahkan siswa untuk memahami
materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, (d) membangkitkan semangat
belajar siswa sehingga mereka lebih tertarik untuk giat belajar supaya
memperoleh hasil belajar yang lebih baik.