SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kerja Kelompok dengan Menggunakan Media Foto untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di SMAN 1 Sampang.

Dwi Putra Deddy

Abstrak


ABSTRAK
Hidayat,  Dwi   Putra  Deddy.   2010.  Penerapan  Pembelajaran  Kerja  Kelompok
dengan Menggunakan Media Foto untuk Meningkatkan Hasil  Belajar
Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di  SMAN 1 Sampang.  Skripsi,
Jurusan   Pendidikan   Geografi   FIS  Universitas   Negeri   Malang.
Pembimbing:   (I)  Prof.  Dr.  H.  Achmad  Fatchan,  M.Pd.  M.P  (II)  Dr.
Sugeng Utaya, M.Si
Kata kunci: Kerja Kelompok, Media foto, Hasil belajar.
 
Observasi  awal  diketahui  bahwa  metode pembelajaran  Geografi  yang
dilakukan oleh guru  mata  pelajaran kelas  XI   IPS-1  SMA Negeri  1 Sampang
adalah ceramah,  penugasan,  dan diskusi.  Pada pengamatan  tersebut  ditemukan
berbagai  permasalahan,  yaitu:   (1)  siswa kurang  tertarik pada pembelajaran,   (2)
siswa masih kurang berani bertanya kepada guru, (3) siswa mengalami kesulitan
dalam memahami  materi  pelajaran,   (4)  guru mengajar   tanpa dilengkapi  media
pembelajaran   khususnya  media   foto.  Hal   itu   terlihat   dari   hasil   belajar   siswa
dengan ketuntasan  sebesar  55% dan  rata-rata  kelasnya   sebesar  70.68.   Jumlah
ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk
mata pelajaran Geografi  sebesar  >  75.  Untuk mengatasi  hal  tersebut  diperlukan
suatu   strategi   pembelajaran   yang   dapat  membuat   siswa   tertarik   dan   senang
terhadap pembelajaran. Penerapan pembelajaran geografi kerja kelompok dengan
menggunakan media foto salah satu pembelajaran yang dapat digunakan supaya
siswa tertarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil
belajar   siswa   dengan   diterapkannya   pembelajaran   kerja   kelompok   dengan
menggunakan  media   foto.  Upaya   untuk  mencapai   tujuan   tersebut,  dilakukan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Desember 2009 – Januari
2010. Subjek penelitian siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian
ini   dilakukan   dalam  2   siklus,   teknik   pengumpulan   data  melalui   tes   dan   data
dianalisis dengan menggunakan tabel persentase.
Hasil   penelitian  menunjukkan   bahwa   hasil   belajar   siswa  mengalami
peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata
hasil  belajar   siswa  pada  pra   tindakan  sebesar  70.68  pada   siklus  1 meningkat
menjadi  74.70  dan pada siklus 2 meningkat  menjadi  80.51.  Ketuntasan belajar
juga mengalami peningkatan yaitu pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar
55%, siklus 1 sebesar 70%, dan pada siklus 2 menjadi 90%.
Disimpulkan   bahwa   penerapan   pembelajaran   kerja   kelompok   dengan
menggunakan media foto dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan yang
diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kerja kelompok dengan
menggunakan  media   foto   dalam  pembelajaran   dapat:   (a)  meningkatkan   hasil
belajar,   (b)  menarik perhatian  siswa,   (c)  memudahkan  siswa untuk memahami
materi   pelajaran   yang   disampaikan   oleh   guru,   (d)  membangkitkan   semangat
belajar   siswa   sehingga   mereka   lebih   tertarik   untuk   giat   belajar   supaya
memperoleh hasil belajar yang lebih baik.