SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IIS 1 MAN 1 Tuban

IZZA LU'LU'UL JANNAH

Abstrak


PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Izza Lu’lu’ul Jannah1 (Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang)

Abstract

 

Keyword:Classroom Action Research, Problem Based Learning, Critical Thinking Ability

The problem that occurs in MAN 1 Tuban is the low critical thinking ability of students, seen from the results of tests of students' critical thinking ability in the pre-cycle. The purpose of this study is to improve students' critical thinking ability. The type of research used is classroom action research. The implementation of this study has three cycles. Each cycle consists of the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The results of the study indicate that there is an increase in critical thinking ability of class X IIS 1 MAN 1 Tuban students in each cycle. The average value of pre-cycle critical thinking ability is 34,50. The average value of critical thinking ability increased to 67,00 in the first cycle. In the second cycle the average value of critical thinking ability increased to 77,83. The average value of critical thinking ability increased again in the third cycle to 90,33.

 

Abstrak

 

Kata kunci: Penelitian Tindakan kelas, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

 

permasalahan yang terjadi di MAN 1 Tuban adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa,  terlihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada pra siklus. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian ini terdari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IIS 1 MAN 1 Tuban pada setiap siklus. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pra siklus sebesar 34,50. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis tersebut meningkat menjadi 67,00 pada siklus I. pada siklus II rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis meningkat menjadi 77,83. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis kembali meningkat pada siklus III yaitu 90,33.