SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT SISWA PADA KELAS PEMINATAN GEOGRAFI SMAN KOTA BLITAR

SASMITA AMALIA MAINAR

Abstrak


RINGKASAN

Sasmita, Amalia Mainar. 2019. Identifikasi Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Siswa Pada Kelas Peminatan Geografi SMANKota Blitar. Skripsi, Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S. Pd, M. Pd, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci: Minat Siswa, Kelas Peminatan Geografi

Kurikulum 2013 untuk sekolah menengah atas terdapat ketentuan mata pelajaran wajib dan pilihan atau peminatan. Minat siswa pada mata pelajaran geografi di SMAN Kota Blitar tergolong rendah. Hal ini sesuai dengan jumlah siswa kelas peminatan geografi yang setiap sekolah masih cukup jauh selisihnya, ada yang tinggi dan ada yang memiliki minat rendah pada kelas peminatan geografi di SMAN Kota Blitar. Tinggi atau rendahnya minat siswa dalam memilih kelas peminatan geografi tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktorfaktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa pada kelas peminatan geografi. Penelitian ini dilakukan di SMAN Kota Blitar pada siswa-siswi kelas X Mipa yang tersebar pada tiga sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 232 siswa kelas peminatan geografi yang diambil dari tiga SMAN di Kota Blitar yang menerapkan kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional sampling, sampel diambil 20% dari populasi sehingga diperoleh sampel 47 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala Likert dan dianalisis melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase terbesar faktor yang memengaruhi minat siswa pada kelas peminatan geografi adalah faktor eksternal sekolah (71,6%), faktor internal psikologis (71,2%) dan faktor internal intelegensi (70,2%). Faktor pertama yang dapat memengaruhi minat siswa pada kelas peminatan geografi yaitu faktor eksternal sekolah yang meliputi metode guru mengajar, materi pelajaran geografi, dan fasilitas sekolah dalam menunjang pembelajaran geografi. Faktor kedua adalah faktor internal psikologis yang meliputi hobi, cita-cita, dan motivasi. Faktor terakhir yang dapat memengaruhi minat siswa adalah faktor internal intelegensi yang meliputi bakat dan kemampuan. Disimpulkan bahwa hanya tiga faktor saja yaitu faktor sekolah, psikologis dan intelegensi yang berpengaruh terhadap minat siswa pada kelas peminatan geografi. Sedangkan faktor keluarga dan teman tidak memengaruhi minat siswa pada kelas peminatan geografi di SMAN Kota Blitar.

 

SUMMARY

Sasmita, Amalia Mainar. 2019. Identification of Factors Affecting Students Interest in the Geography Class of Senior High School in Blitar City. Thesis, Geography Department, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisors: (1) Ardyanto Tanjung, S. Pd, M. Pd, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Keywords: Students Interest, Geography Class

 

Curriculum 2013 for senior high school is a provision of compulsory and elective subjects or specialization. Students interest for SHS in Blitar City to choose geography subjects in the class of interest is relatively low. This is in accordance with the students totally of geography class whose differences are still quite far away, some are high and some have a low interest in the geography class in SHS in Blitar City. The high or low interest of students in choosing a geography class can be influenced by several factors. These factors may come from inside and outside of the student. The purpose of this study is to identify the factors that influence students interest in the geography class. This research was conducted in senior high school students in Blitar City of class X Mipa when spread across three schools. This research is quantitative descriptive. The population in this study were 232 students of geography class taken from three high schools in Blitar City who applied the curriculum 2013. The sampling technique used is proportional sampling, samples were taken 20% of population so the sample is 47 students. The data collection technique used is questionnaire with a Likert scale and analyzed using descriptive analysis. The results of this study indicate that the largest percentage of factors that influence students interest in geography class are external factors of the school (71,6%), psychological internal factors (71,2%) and internal intelligence factors (70,2%). The first factor that can affect students interest in geography classes is the school's external factors which include teacher teaching methods, geography subject matter, and school facilities in supporting geography learning. The second factor is psychological internal factors which include hobbies, ideals, and motivation. The last factor that can influence student interest is internal intelligence, which includes talent and ability. It was concluded that only three factors are school factors, psychological and intelligence that influence students interest in geography classes. While family and friends factors do not affect the interest of students in the geography class in senior high school in Blitar City.