SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

RESPON MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA BUDAYADI DESA TEMON, KECAMATAN TROWULAN, KABUPATEN MOJOKERTO

HADIATI ANISA

Abstrak


RINGKASAN

Hadiati, Anisa. 2019. Respon Masyarakat Terhadap Pengembangan Pariwisata Budaya di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M. Si, (II) Ardyanto Tanjung, S. Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Respon, masyarakat, pariwisata budaya.

Respon masyarakat merupakan salah satu jawaban atau tanggapan yang dapat merepresentasikan kesiapan atau kesediaan masyarakat terhadap pengembangan pariwisata serta menjadi dasar untuk mewujudkan prinsip kepariwisataan. Respon tergantung pada apa yang dianggap bermanfaat bagi masyarakat, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk mengenali potensi di wilayahnya maupun latar belakang sosial, budaya, dan ekonomi. Pengembangan pariwisata mampu menciptakan respon yang beragam dan mendorong masyarakat untuk berperan aktif didalamnya sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat lokal. Respon yang ditunjukkan masyarakat menjadi hal yang mendesak karena masyarakat sebagai unsur penting dalam pengembangan pariwisata untuk mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif untuk mengetahui tinggi rendahnya respon masyarakat terhadap pengembangan pariwisata budaya. Terdapat 1822 kepala keluarga di Desa Temon sebagai populasi penelitian dan sampel yang diambil sebanyak 85 kepala keluarga. Tiap kepala keluarga diwakili satu orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik random. Instrumen yang digunakan adalah angket jenis terbuka dan tertutup. Masing-masing jawaban terdapat skor berdasarkan skala likert kemudian diperhitungkan sedemikian rupa untuk mendapatkan klasifikasi respon masyarakat terhadap pengembangan pariwisata budaya.

 

Secara keseluruhan respon masyarakat Desa Temon terhadap pengembangan pariwisata menghasilkan rata-rata skor sebesar 83,47 dan termasuk dalam klasifikasi tinggi. Skor rata-rata yang dihitung pada masing-masing indikator menunjukkan bahwa indikator sikap menjadi dominan dengan rata-rata 30,95. Adapun indikator persepsi memiliki selisih rata-rata skor yang tipis yaitu 30,93. Rata-rata skor terendah terdapat pada indikator partisipasi 21,59. Berdasarkan hasil tersebut respon masyarakat dapat digolongkan sebagai respon pasif, dimana tanggapan dari suatu rangsangan tidak disertai dengan tindakan. Maka diperlukan upaya yang lebih intensif bagi pemerintah setempat untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata serta diarahkan pada pengembangan sustainable cultural-tourism.