SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGANMULTIMEDIA INTERAKTIF PROGRAMLECTORA INSPIRE MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA

AMMRAH WAHYU PERTIWI

Abstrak


Kata kunci: Multimedia interaktif, Lectora Inspire,PengelolaanSumberDayaAlam Indonesia

Kurikulum di Indonesia dari waktu kewaktu selalu mengalami perubahan. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap penggunaan teknologi yang semakin canggih. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini mendukung terciptanya proses komunikasi yang dapat berlangsung secara efektif. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan media presentasi dengan multimedia interaktif menggunakan program software Lectora Inspire. Lectora Inspire merupakan salah satu program presentasi jenis software Authoring Tool, yang dikembangkan oleh Trivantis Corporation.

Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah dan model penelitian pengembangan milik Borg & Gall (1983) yang telah dimodifikasi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah guru geografi dan siswa kelas XI IPS di MA Nahdatul Ulama Gondanglegi yang sedang atau telah menempuh materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia.

Sebelum membuat produk, peneliti membuat storyboar data urancangan produk.Produk multimedia interaktif kemudian dikembangkan lalu divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa untuk mendapatkan revisi dan kevalidan dalam pengembangan produk. Hasil dari validasi oleh ahli diperoleh rata-rata yaitu materi75%, media 97.91%, bahasa 61.36%. Guru dan siswa diberi angket untuk menilai produk multimedia interatif ini. Hasil dari penilaian tersebut mendapatkan rata-rata 92.30% untuk penilaian angket guru dan87.13 % untuk penilaian angket seluruh siswa. Rata-rata penilaian secara keseluruhan mendapatkan hasil82.74%.

 

Berdasarkan data hasil tersebut, multimedia interaktif menggunakan program Lectora Inspire ini masuk kedalam kategori sangat layak merujuk pada tabel kriteria tingkat validitas. Saran-saran dan masukan dari para validator dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan produk. Program ini dapat dijadikan sebagai referensi materi dan sumbe rbelajar oleh guru geografi dan siswa.