SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Volcano Simulation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MA Al Ma’arif Singosari

Sari Tri Novita

Abstrak


RINGKASAN

Sari, Tri Novita. 2018. Pengaruh Media Volcano Simulation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MA Al Ma’arif Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ardyanto Tanjung S.Pd, M.Pd. (II) Purwanto S.Pd, M.Si.

Kata Kunci: Media Volcano Simulation, Kemampuan Berpikir Kritis.

Materi vulkanisme dan dampaknya bagi kehidupan dalam penyampaiannya memiliki keterbatasan ruang, waktu dan bahaya, oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar siswa. Salah satunya menggunakan media volcano simulation. Media volcano simulation merupakan video simulasi mengenai erupsi gunung berapi. Media volcano simulation dilengkapi dengan gambar, video simulasi, suara dan tulisan yang menyajikan materi pembelajaran dan bahan diskusi. Media volcano simulation dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan siswa mengkritisi informasi yang ada dalam video mengenai vulkanisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media volcano simulation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IIS di MA Al Maarif Singosari. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan menggunakan desain posttest only control group. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas X-IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IIS 1 sebagai kelas kontrol. Pengukuran kemampuan berpikir kritis siswa menggunaan instrumen soal berupa esai. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media volcano simulation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi 0.014 < 0.05, serta perbandingan rata-rata kemampuan akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata kemampuan akhir berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu:

(1) bagi guru disarankan untuk dapat memanfaatkan penggunaan media di kelas terutama pada mata pelajaran geografi agar pembelajaran lebih efektif dan efesien,

(2) bagi lembaga pendidikan, khususnya kepala sekolah disarankan lebih memotivasi guru untuk memanfaatkan media pembelajaran yang bervariasi di dalam kelas dan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pemanfaatan media video,

(3) bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang serupa disarankan dapat membuat atau memanfaatkan media dalam pembelajaran Geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

 

SUMMARY

Sari, Tri Novita. 2018. The Influence Of Volcano Simulation Media Critical Thinking Ability Of Student Class X-IIS In MA Al Maarif. Thesis, Geography Departement, Faculty Of Social Sciences, State University of Malang. Advisors: (I) Ardyanto Tanjung S.Pd, M.Pd. (II) Purwanto S.Pd, M.Si.

Key Word : Volcano Simulation Media, Critical Thinking Ability.

Volcanism material and its impact on life in its delivery have limited space, time and danger, therefore learning media that can provide student learning experience are needed. One of them uses media volcano simulation. Media volcano simulation is a simulation video about volcanic eruptions. The volcano simulation media is equipped with pictures, simulation videos, sounds and writing that presents learning material and discussion material. Media volcano simulation can help improve the ability to think critically with students criticizing the information contained in videos about volcanism. This study aims to determine the effect of volcano simulation media on critical thinking skills of class X IIS students at MA Al Maarif Singosari. This study uses a quasi experiment using the posttest only control group design. This study uses two classes, namely the experimental class and the control class. The subject of this study was class X-IIS 3 as the experimental class and class X-IIS 1 as the control class. Measurement of students' critical thinking skills uses question instruments in the form of essays. Data analysis using the independent sample ttest. The results of the study show that there is an influence of volcano simulation media on students' critical thinking abilities. This can be seen based on the results of the hypothesis which shows a significance value of 0.014