SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI TENTANG LAYANAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM KOTA BATU

RIZAL DEWANTARA

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewantara, Rizal.2018.Persepsi Tentang Layanan Pemustaka Di Perpustakaan Umum Kota Batu. Tugas Akhir, Program Studi D3 Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. DwiSugianto, M.Pd.

 

Kata Kunci:Perpustakaan Umum, Layanan, Pemustaka

Perpustakaan umum mempunyai berbagai macam fungsi yang didalamnya mempunyai kegiatan penghimpunan, pengelolaan, dan penyebar luasan atau pelayanan segala macam informasi.Agar kegiatan layanan tersebut terlaksana dengan lancar perlu didukung oleh berbagai fasilitas. Layanan merupakan bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh perpustakaan guna memenuhi kebutuhan pemustaka tentang sumber informasi dan memberi kenyamanan pemustaka saat memanfaatkan perpustakaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tentang layanan di Perpustakaan Umum Kota Batu, untuk mengetahui persepsi pemustaka tentang layanan di Perpustakaan Umum Kota Batu, dan untuk mengetahui upaya pemanfaatan layanan bagi pemustaka.

Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dengan pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan secara acak. Penelitian dilakukan di Dinas Perpustakaan Kota Batu. Pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden dalam pengumpulan data bersumber dari pustakawan, staff perpustakaan dari setiap layanan, dan pemustaka.

Hasil penelitian yang didapatkan yaitu, Perpustakaan Umum Kota Batu menyediakan fasilitas layanan kepada pemustaka. Perpustakaan Umum Kota Batu mempunyai 8 layanan, yaitu: (1) layanan sirkulasi, (2) layanan referensi, (3) layanan keanggotaan, (4) layanan anak, (5) layanan deposit, (6) layanan perpustakaan keliling, (7) layanan taman baca masyarakat, dan (8) layanan ruang baca. Pada umumnya dari 8 (delapan) layanan yang telah disebutkan hasilnya adalah cukup baik, namun masih terdapat kendala pada layanan Perpustakaan Umum Kota Batu,seperti: (1) layanan anak, (2) layanan referensi, (3) layanan keanggotaan, dan (4) layanan deposit yang masih perlu adanya perbaikan dan perubahan. Upaya pemanfaatan layanan bagi Perpustakaan Umum Kota Batu adalah; (1) memanfaatkan ruang kosong yang ada di setiap sudut Balai Kota Among Tani yang masih belum digunakan dengan maksimal, sehingga pihak Perpustakaan Umum Kota Batu dapat memanfaatkan ruangan tersebut, (2) fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan Umum Kota Batu lebih diperbaiki kembali sehingga dapat meminimalis waktu pekerjaan oleh petugas perpustakaan danditambahnya SDM (Sumber Daya Manusia) Perpustakaan Umum Kota Batu untuk melayani pemustaka yang berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Batu.