SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Pada Materi Permasalahan Kependudukan dan Upaya Penanggulangannya Pada Siswa Kelas 8 I SMPN 10 Malang.

Romi Hidayatullah

Abstrak


ABSTRAK

Hidayatullah, Romi. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Pada Materi Permasalahan Kependudukan dan Upaya Penanggulangannya Pada Siswa Kelas 8 I SMPN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

Kata Kunci: penerapan, think pair share, hasil belajar.

Adanya perubahan paradigma dalam pembelajaran, menuntut guru agar dapat menyesuaikan pembelajaran dengan dinamika masyarakat saat ini. Perubahan tersebut harus diikuti oleh guru untuk menyelenggarakan pembelajaran yang efektif . Guru harus bijaksana dalam menentukan suatu model yang sesuai,  agar dapat menciptakan situasi dan kondisi kelas yang kondusif dalam proses pembelajaran sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran IPS geografi guru harus mengikuti dinamika pembelajaran dan dituntut lebih kreatif dalam menggunakan model-model pembelajaran agar aktivitas belajar siswa meningkat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap aktivitas belajar siswa di kelas diketahui bahwa pembelajaran IPS geografi yang berlangsung selama ini menggunakan metode ceramah, pemberian tugas, dan kerja kelompok. Pada waktu diskusi kelompok suasana kelas menjadi ramai dikarenakan siswa lebih banyak membicarakan hal-hal lain di luar topik kerja kelompok dan cenderung banyak bermain. Selain itu, siswa yang mendapat nilai sama dengan atau lebih dari 66 sebanyak 20 siswa dan sebanyak 20 siswa yang mendapatkan nilai di bawah ketuntasan minimum (SKM) yang ditetapkan SMP Negeri 10 Malang sebesar 66. 

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif  model Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di Kelas 8 I SMPN 10 Malang pada bulan Desember 2009, dan data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan nilai pra tindakan dengan siklus I dan siklus I dengan siklus II.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I skor aktivitas belajar siswa sebesar 18,6 meningkat menjadi 31,2 pada siklus II. Hasil belajar siswa  juga mengalami peningkatan dari pra tindakan ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut terlihat dari rata-rata kelas siklus I sebesar 58 pada pra tindakan meningkat menjadi 68,5 pada siklus I, dan meningkat menjadi 75,38 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS geografi siswa Kelas 8 I SMPN 10 Malang. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan untuk menggunakan model Think Pair Share dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran Geografi khususnya materi yang membutuhkan penalaran atau analisis.